Kelebihan dan Kekurangan HP Vivo Y30

Telunjuk.com App

Amelia Nur Fauziah

Oct 08, 2020

13 Dilihat

Kelebihan dan Kekurangan HP Vivo Y30

Vivo menghadirkan smartphone terbaru yaitu Y30 yang sudah resmi masuk ke Indonesia. Smartphone Ini baru saja hadir di pasar Indonesia sejak Mei 2020 lalu. 

Untuk harga Vivo Y30 sendiri di bandrol dengan harga 2 jutaan saja. Nah, sebelum membahas kelebihan dan kekurangan dari smartphone Vivo ini, ketahui dulu spesifikasi lengkapnya. 

Spesifikasi Vivo Y30

Untuk spesifikasi Vivo Y30, simak rinciannya berikut ini:

  • CPU : MediaTek MT6765 Helio P35 (12nm)
  • GPU : PowerVR GE8320
  • Memori Internal :  128 GB
  • RAM : 4 GB
  • Kamera Depan : 8 MP
  • Kamera Belakang : 13 MP, 8 MP, 2 MP, 2 MP
  • Memori Eksternal : microSDXC
  • Baterai :  Non-removable Li-Po 5000 mAh

Kelebihan Smartphone Vivo Y30

Vivo Y30 Display

1. Punya Layar HD+

Smartphone yang baru rilis di tahun 2020 ini hadir dengan layar lebar 6,47 inch dengan dukungan panel IPS LCD. Untuk gaya desainnya dibekali dengan Ultra-O Screen sehingga lensanya hadir pada bagian pojok kiri atas. Kehadiran desain tersebut tentu punya alasan yaitu agar mengurangi ketebalan buzzle, jadi layar handphone penuh dari sisi ke sisi. 

Ye 30 ini layarnya sudah dilengkapi dengan resolusi HD+ dengan aspek ratio 19, 5:9 dan screen to body ratio sebesar 90,7%.

2. Didukung AI Quad Camera

Vivo Y30 dari sektor kamera menghadirkan konfigurasi AI Quad Camera di bagian belakang. Kamera belakang ini memiliki resolusi utama sebesar 13 MP, kemudian ditambah dengan lensa sebesar 8 MP dengan fitur sensor ultra wide. Lalu dua lensa lagi memiliki sensor 2 MP dengan kemampuan makro dan juga kedalaman. 

Untuk model kamera belakangnya juga dikemas secara unik yaitu terdapat modul persegi panjang pada kiri bodi handphone. Hasil kamera Vivo Y30 mumpuni untuk pengambilan gambar close-up dengan background efek bokeh. 

Sementara untuk kamera selfienya, masih cukup bagus yaitu dengan lensa sebesar 8 MP. 

3. Memori Internal Dan RAM Berukuran Besar

Vivo Y30 juga hadir dengan memori internal dan RAM yang tidak kalah besar. RAM dan memori internal yang besar membuat kamu tetap bisa menyimpan video & aplikasi tanpa harus membeli tambahan memory card lagi.

Smartphone ini menghadirkan RAM sebesar 4GB dengan memori internal 128 GB. Bagian memori internal ini didukung pula dengan teknologi eMMC 5.1. jika dirasa kurang besar anda bisa menambah memori dengan adanya slot microSDXC.

4. Dukungan Performa Bagus Untuk Game

Smartphone ini dibekali dengan dapur pacu MediaTek helio p35 fabrikasi 12nm jadi sudah pasti hemat daya. Ditambah lagi dengan octa-core dengan kecepatan  4x2.35 GHz Cortex-A53 & 4x1.8 GHz Cortex A53. Sangat mendukung untuk kebutuhan kamu saat bermain game. 

Misalnya saja saat bermain PUBG mobile, untuk pengaturan grafis medium smooth kamu tidak akan merasakan lag sama sekali. Jadi dukungan performa dan memorinya yang besar seimbang untuk pengalaman bermain game. 

5. Desain Bodi Keren

Untuk desain body dari Vivo Y30 ni cukup estetik sehingga bisa mengimbangi spesifikasinya yang gahar. Bagian kamera belakangnya dibuat vertikal pada bagian pojok atas kiri. Untuk warna Vivo Y30 ada dua varian yang bisa kamu pilih, yaitu Emerald Black dan Moonstone White. 

Pada kedua warna ini kamu akan melihat efek gelombang cahaya yang dipancarkan pada body smartphone. Untuk material body, baik di bagian bingkai dan body belakang dibuat dari bahan plastik.

6. Kapasitas Baterai

Vivo Y30 dengan harga yang terjangkau namun dibekali dengan daya baterai cukup besar. Smartphone Ini didukung baterai sebesar 5.000 mAh. Dengan daya sebesar ini baterai bisa tahan hingga 27 hari dalam keadaan stand by. 

Sementara saat dilakukan pemutaran video terus-menerus, bisa bertahan hingga 14 jam dalam posisi wi-fi atau data internet dimatikan. Dari sini kamu bisa melihat betapa Vivo Y30 bisa diandalkan untuk keperluan sehari-hari. Bahkan tahan untuk bermain game mobile selama 4 jam lamanya. 

Kekurangan Vivo Y30

HP Vivo Y30

1. Tidak Ada Fitur Fast Charging

Smartphone tidak memberikan fitur fast charging, sehingga kamu harus menunggu sedikit lebih lama ketika pengisian daya. Hal ini tentu cukup menjadi keresahan bagi para pengguna. Terlebih karena zaman sekarang rata-rata smartphone keluaran baru sudah memiliki fitur pengisian daya cepat. 

Smartphone Ini hanya memberikan kecepatan pengisian daya standar yaitu 10 Watt. Jika kamu mengecas Y30 dalam kondisi baterai 0%, maka butuh waktu selama 3 jam lebih untuk baterai bisa penuh. 

2. Tidak Ada Pelindung Layar Gorilla Glass

Vivo Y30 juga tidak membekali smartphone dengan pelindung kaca berupa lapisan Gorilla glass. Padahal rata-rata smartphone yang punya harga sama dengan seri ini sudah dilengkapi dengan Gorilla Glass 5. Jadi supaya layar smartphone Ini tidak mudah rusak maka kamu harus menambahkan lagi pelindung berupa tempered glass. 

3. Tidak Ada Layar OLED

Vivo Y30 spek memang memberikan  pengalaman bermain game yang menyenangkan lewat memori dan chipsetnya. Tapi layar smartphone belum didukung fitur OLED atau AMOLED. Vivo Y30 masih mengandalkan panel IPS LCD pada layar smartphonenya. Panel ini  umum ditemukan untuk smartphone kategori entry level. 

Cukup mengecewakan, karena pada beberapa seri Vivo yang harganya jauh dibawah Smartphone ini, bahkan sudah mendukung panel Super AMOLED. 

Demikian beberapa kelebihan dan kekurangan Vivo Y30 yang harus kamu ketahui. Namun HP ini cukup bisa menjadi pilihan, jika kamu punya budget minim tapi menginginkan smartphone dengan spesifikasi gahar. 

Bandingkan harga HP Vivo Y30

Artikel Terkait

Sponsored

Artikel Terpopuler

Sponsored