Vivo Y20: Kelebihan, Kekurangan, dan Spesifikasi

Telunjuk.com App

Karamiko Alexander Krisna

Dec 11, 2020

13 Dilihat

Vivo Y20: Kelebihan, Kekurangan, dan Spesifikasi

Agustus 2020 lalu, perusahaan teknologi asal Dongguan Tiongkok, yaitu Vivo mengeluarkan smartphone anyar mereka yang berjudul Vivo Y20. Produk ini memiliki suatu keunikan tersendiri, berbeda halnya dengan smartphone pada umumnya, yang biasanya fingerprint berada di belakang smartphone, namun produsen asal Tiongkok tersebut menyematkannya di sisi kanan tempat tombol power Vivo Y20. 

Namun, meskipun Vivo Y20 merupakan penerus Vivo Y19 yang rilis pada awal November 2019 tersebut, ada beberapa fitur yang dipangkas oleh Vivo. Salah satunya adalah fitur ultra wide camera yang dihilangkan demi memasukkan kategori smartphone tersebut ke level medium range yang dihargai seharga Rp2.1 jutaan saja.

Sobat Telunjuk mau lihat lebih lanjut kelebihan dan kekurangan smartphone ini? Langsung saja yuk mari kita simak bersama spesifikasi smartphone Vivo Y20.

Spesifikasi Vivo Y20

Berikut spesifikasi Vivo Y20:

  • CPU: Octa-core (4x1.8 GHz Kryo 240 & 4x1.6 GHz Kryo 240)
  • Chipset: Qualcomm SM4250 Snapdragon 460 (11 nm)
  • GPU: Adreno 610
  • OS: Android 10, Funtouch 10.5
  • Internal Memory: 64GB
  • RAM: 3GB RAM
  • Battery: Li-Po 5000 mAh, non-removable
  • SIM: Dual Sim
  • Kamera Utama: Triple Camera 13MP, 2 MP dan 2 MP
  • Kamera Selfie: 8MP
  • Ukuran Layar: 6.51 inches
  • Resolusi Layar: 1600*720 (HD+)

Cek Harga Vivo Y20

Kelebihan Vivo Y20

1. Ultra-Fast Side fingerprint yang cepat

Ultra-fast side fingerprint

Dengan hanya membutuhkan waktu selama 0.22 detik pada saat layar menyala dan 0.37 detik saja pada saat layar mati, sensor pemindai sidik jari dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Desain baru ini disesuaikan dengan kebutuhan sehari-hari penggunanya yang terkadang cenderung lebih memilih cara ini.

2. Ultra All Screen Display dengan Eye Protection

Ultra all screen display dengan eye protection

Dalam smartphone  ini terdapat mode pelindung mata yang menyaring cahaya biru yang akan melindungi penglihatan kamu sepanjang hari. Disamping itu layar Y20 mengusung desain Ultra All Screen berukuran 6,51 inci. Dengan resolusi HD plus 1600 x 720 dan aspek rasio 20: 9,  tampilan terlihat lebih besar yang dipadukan dengan teknologi In-Cell terkini, layar akan terlihat lebih berwarna dan menakjubkan. Detail dari pixel bahkan lebih terlihat dan sangatlah ideal untuk bermain game dan menonton video.

3. Warna Memukau dengan Desain Bodi 2.5D

warna memukai dengan desain bodi 2.5d

2.5D mengacu pada kelengkungan di tepi layar kaca, juga dikenal sebagai tepi berkontur. Meskipun bukan nama resmi untuk bagian teknologi apa pun, nama ini banyak digunakan untuk merujuk jenis desain tampilan ini. Dengan lengkungan desain bodi 2.5D, diharapkan penggunanya dapat merasakan sensasi ergonomis di dalam tiap genggamannya.

4. Ultra Game Mode

ultra game mode

Ultra Game Mode kini menghadirkan Mode Esports terbaru yang memberikan pengalaman dengan standar profesional yang dapat dinikmati dalam permainan sehari-hari. Getaran Game 4D 2.0 membawa kamu ke medan pertempuran PUBG yang realistis dan menakjubkan. Berkat pengoptimalan jendela pop-up yang dapat menghilangkan notifikasi atau panggilan masuk, kamu dapat berkonsentrasi penuh untuk memenangkan permainan.

 Baca juga: HP Gaming Terbaik 3 Jutaan 2020

5. Prosesor Snapdragon dan Kartu Grafis Adreno

menggunakan prosesor snapdragon dan kartu grafis adreno

Sudah tidak perlu diragukan lagi kemampuan produk besutan AMD ini. Dengan menggunakan prosesor Snapdragon 460 dan kartu grafis Adreno 610 dijamin pengalaman kamu dalam bermain Fortnite akan lebih lancar dan juga lebih mengasyikkan.

Kekurangan Vivo Y20

1. Baterai Masih 5000 mAh 

baterai masih 5000mAh

Meskipun sudah memiliki  fitur fast charging 18 W,  namun tetap saja kapasitas baterai masih berada di angka 5000 mAh yang sama dengan pendahulunya yaitu Vivo Y19.

Dihilangkannya fitur reverse charging juga merupakan salah satu kekurangan dari produk ini.

Dengan harga Rp2.100.000-an, Vivo diharapkan sudah memperbesar kapasitas baterai Vivo Y20,  berkaca dari kompetitornya, Realme C15 yang mengusung kapasitas baterai sebesar 6000 mAh.

2. Modul kamera selfie tidak ada fitur HDR

modul kamera selfie tidak ada fitur hdr

Fitur HDR atau High Dynamic Range memang sudah umum ada di berbagai smartphone namun tidak pada kasus ini. Penurunan lens megapixel dari 16MP ke 8MP dari pendahulunya Vivo Y19 juga merupakan sebuah kekurangan yang telak.

3. Internal Memory 64gb dan RAM 3gb

internal memory 64gb dan ram 3gb

Internal memory yang hanya 64gb dan RAM 3gb merupakan sebuah penurunan dari pendahulunya  yaitu Vivo Y19 yang memakai Internal memory sebesar 128gb dan RAM 4gb. Tidak adanya opsi untuk menambah internal memory serta RAM membuat produk ini kalah bersaing dengan para kompetitornya. Sayang sekali ya.

4. Minus fitur ultra wide camera belakang

minus fitur ultra wide camera belakang

Meskipun kamera belakang sudah dilengkapi dengan triple camera dengan 3 lensa AI, namun lensa tersebut hanya terdiri dari lensa 13 MP, f/1.8, (wide), PDAF 2 MP, f/2.4, (macro) 2 MP, f/2.4, (depth) saja. Absennya lensa ultra wide  menjadikan smartphone ini tidak dapat mengambil gambar yang lebar.

Kesimpulan

Sahabat Telunjuk, demikian kelebihan dan kekurangan Vivo Y20. Dengan harga di kisaran Rp2.100.000-an saja, sahabat Telunjuk bisa mendapatkan smartphone yang cukup mumpuni dengan menggunakan prosesor Snapdragon 460 dan kartu grafis Adreno 610.

Jika ingin desain dan tampilan mewah, serta fingerprint unik dan performa maka pilihlah Vivo Y20.

Jangan lupa sobat Telunjuk, untuk membandingkan harga mana yang paling murah di marketplace, selalu gunakan telunjuk.com ya.

Artikel Terkait

Sponsored

Artikel Terpopuler

Sponsored