Perbandingan iPhone X vs iPhone XR, Mana yang Lebih Bagus?

Telunjuk.com App

Amelia Shinta Larasati

Nov 26, 2020

37 Dilihat

Perbandingan iPhone X vs iPhone XR, Mana yang Lebih Bagus?

iPhone X dan iPhone XR merupakan seri smartphone Apple keluaran tahun 2017-2018. Meski di tahun 2020 ini Apple sudah merilis iPhone 12, kedua HP ini masih menjadi primadona pecinta produk Apple. Spesifikasi dan fitur yang ditawarkan pun sangat worth it untuk dimiliki. Lalu kira-kira mana ya yang lebih unggul di antara kedua iPhone ini?

Apple merilis iPhone X pada tahun 2017 lalu yang kemudian disusul oleh iPhone XS dan XS Max di September 2018. Tak lama setelah itu, Apple kembali eksis dengan peluncuran  iPhone XR yang menyita perhatian banyak khalayak. Dengan harga yang lebih murah dibandingkan iPhone X, iPhone XR memiliki spesifikasi yang tidak kalah oke lho untuk dimiliki. Bahkan beberapa beranggapan bahwa Apple memperbaiki kelemahan yang dimiliki iPhone X ke dalam iPhone XR. 

Untuk tahu perbandingan iPhone X vs iPhone XR, simak penjelasan adu fiturnya di bawah ini ya!

 

Layar

layar HP

Dari segi layar, iPhone X lebih unggul dengan panel Super Retina OLED-nya berukuran 5,8 inci yang mampu memberikan tampilan jernih dan smooth. Sementara itu, iPhone XR mengusung layar panel Liquid Retina IPS LCD, 6.1 inci. Meski iPhone X lebih unggul dari segi panel layar yang digunakan, ukuran layar iPhone XR lebih besar sehingga pandangan ke layar HP jadi lebih nyaman. Semua tergantung preferensi masing-masing ya Sahabat Telunjuk!

Desain

desain iphone

Desain kedua HP ini bisa dibilang mirip. Keduanya sudah tidak lagi menggunakan home button dan terdapat notch di bagian layar depan yang menjadi ciri khas iPhone seri X. iPhone XR memiliki bezel yang sedikit lebih lebar bila dibandingkan dengan iPhone X. Dari segi material yang digunakan, iPhone XR menggunakan aluminium dan kaca. Sementara  iPhone X unggul dengan material stainless steel yang memberikan kesan premium pada HP. 

Kamera

kamera iphone 11 dan iphone 12

Perbedaan iPhone X vs iPhone XR dari segi kamera cukup signifikan. Kalau dilihat dari segi kamera di belakang body HP, jelas terlihat bahwa iPhone X lebih unggul dengan dual cameranya. Kamera belakang iPhone X memiliki konfigurasi dual camera lensa 12 MP wide dan 12 MP telephoto, PDAF OIS yang memberi fitur 2x optical zoom.

Sementara itu untuk kamera belakang iPhone XR hanya mengusung single camera lensa 12 MP wide. Meski begitu, hasil tangkapan kamera belakang iPhone XR juga tak kalah bagusnya lho! Dari segi kamera depannya, kedua HP ini sama-sama dilengkapi dengan dual kamera dengan resolusi yang sama sebesar 7 MP. 

Performa

chipset a11 bionic dan a12 bionic

Selanjutnya Telunjuk mau bahas dari sektor performa HP. Dari segi RAM HP, keduanya memiliki kapasitas RAM yang sama yaitu sebesar 3 GB. Untuk mendukung performa HP yang baik, iPhone X ditenagai dengan chipset Apple A11 Bionic. Namun, kali ini iPhone X kalah dengan iPhone XR karena ditenagai dengan prosesor Apple A12 Bionic yang lebih baru dibanding iPhone X. Hal tersebut menjadikan performa iPhone XR tentu lebih kencang bila dibandingkan dengan iPhone X.

Selain itu, iPhone XR juga lebih unggul dari segi varian memori internalnya. iPhone XR memiliki varian memori internal yang lebih lengkap, mulai dari 64 GB, 128 GB, hingga 256 GB. Berbeda dengan iPhone X yang hanya memiliki varian memori internal sebesar 64 GB dan 256 GB.

Baterai

Masuk ke sektor daya tahan baterai, iPhone X dan iPhone XR dilengkapi dengan baterai berkapasitas di atas 2500 mAh. Untuk iPhone X, kapasitas baterai HP sebesar 2716 mAh sementara iPhone XR lebih unggul dengan baterai 2942 mAh. Dari segi daya tahan baterai, iPhone XR menang dengan ketahanan baterai yang lebih lama.

Harga

Dari segi harga, iPhone XR dibanderol lebih murah saat perilisannya bila dibandingkan dengan iPhone X di awal rilis tahun 2017 lalu. Di awal perilisannya iPhone X dibanderol dengan harga di kisaran Rp14.000.000-an. Sementara itu di awal perilisannya iPhone XR dibanderol harga kisaran Rp10.000.000-an. 

Namun sekarang sepertinya kamu akan kesulitan menemukan iPhone X yang baru di offline store, karena Apple sudah tidak lagi memproduksi iPhone X. untuk melihat perbandingan harga yang lebih update dari berbagai e-commerce di Indonesia, cek di Telunjuk ya!

Spesifikasi

Spesifikasi iPhone X

iphone x

  • Layar: Super Retina OLED, 5.8 inch
  • Chipset: Apple A11 Bionic (10 nm)
  • GPU: Apple GPU (three-core graphics)
  • RAM: 3 GB
  • Memori Internal: 64, 256 GB
  • Memori Eksternal: -
  • Kamera Belakang: Dual 12 MP, f/1.8, 28mm (wide), 1/3", 1.22µm, dual pixel PDAF, OIS
  • 12 MP, f/2.4, 52mm (telephoto), 1/3.4", 1.0µm, PDAF, OIS, 2x optical zoom
  • Kamera Depan: Dual 7 MP, f/2.2, 32mm (standard), SL 3D, (depth/biometrics sensor)
  • Baterai: 2716 mAh

Bandingkan harga iPhone X

Spesifikasi iPhone XR

iphone xr

  • Layar: Liquid Retina IPS LCD, 6.1 inch
  • Chipset: Apple A12 Bionic (7 nm)
  • GPU: Apple GPU (4-core graphics)
  • RAM: 3 GB
  • Memori Internal: 64, 128, 256 GB
  • Memori Eksternal: -
  • Kamera Belakang: 12 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/2.55", 1.4µm, PDAF, OIS
  • Kamera Depan: Dual 7 MP, f/2.2, 32mm (standard), SL 3D, (depth/biometrics sensor)
  • Baterai: 2942 mAh

Bandingkan harga iPhone XR

Kesimpulan

Nah, itu dia Sahabat Telunjuk perbandingan antara iPhone X vs iPhone XR yang sudah Telunjuk rangkum dalam artikel ini. Keduanya memiliki spesifikasi dan performa yang unggul di masing-masing fiturnya. Kamu tinggal pilih sesuai dengan minat dan kebutuhan kamu ya. Kira-kira setelah membaca ulasan singkat di atas, mana yang jadi pilihan Sahabat Telunjuk? iPhone X atau iPhone XR? Jangan lupa bandingkan dulu harganya di Telunjuk ya!

Artikel Terkait

Sponsored

Artikel Terpopuler

Sponsored