Perbandingan iOS vs Android, Mana Pilihanmu?

Telunjuk.com App

Amelia Shinta Larasati

Nov 06, 2020

5 Dilihat

Perbandingan iOS vs Android, Mana Pilihanmu?

iOS dan Android merupakan dua sistem operasi yang paling populer saat ini. Keduanya merupakan sistem operasi mobile, Android dibuat oleh Google, sementara iOS diproduksi Apple. Memilih antara Android atau iOS bisa jadi pilihan yang sulit. 

Punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, Android dan iOS menawarkan banyak fitur menarik untuk kenyamanan para pengguna smartphone. Bingung mau memilih antara iOS atau Android yang terbaik buat kebutuhanmu? Simak ulasannya berikut ini ya!

Model Sumber

model sumber

Sistem operasi Android saat ini lebih dominan karena digunakan oleh berbagai vendor smartphone, mulai dari Samsung, Huawei, Xiaomi, Vivo, dan lainnya. Hal ini karena Android bersifat open source, sehingga perangkat dengan sistem operasi ini bisa dimodifikasi sendiri oleh penggunanya. 

Meski terlihat lebih unggul dari jumlah penggunanya, hal ini juga bisa jadi kelemahan. Itu karena sistem operasi open source bisa dimanfaatkan untuk menyebarkan virus dan malware pada OS Android yang digunakan.

Berbeda dengan Android, iOS memiliki sifat close source sehingga pengguna perangkat iOS tidak dapat memodifikasi sistem operasi ini. iOS hanya dapat dijalankan pada perangkat keluaran Apple. Ini dia yang menjadi salah satu perbedaan mendasar antara Android dan iOS. 

Berbagi Data

data sharing

Data sharing merupakan salah satu aktivitas yang sering dilakukan oleh pengguna smartphone. Untuk pengguna Android, kamu dapat dengan mudah berbagi file atau data ke perangkat lain menggunakan bluetooth ataupun kabel USB.

Sayangnya, untuk pengguna sistem operasi iOS sangat terbatas dalam melakukan sharing data ke perangkat lain yang berbeda sistem operasinya, kecuali menggunakan iTunes. 

Keamanan dan Privasi

keamanan dan  privasi

Dalam hal keamanan, iOS masih menjadi pemenang. iOS tidak punya software yang berfungsi untuk memecahkan enkripsi, karena sifatnya yang close source. Hal ini berbanding terbalik dengan Android, yang punya sangat banyak pemecah enkripsi sehingga keamanan Android bisa dibilang kalah jika dibandingkan dengan iOS. 

Ditambah lagi, pengguna Android dapat dengan mudah berbagi data dengan perangkat lain. Hal ini juga bisa menjadi celah masuknya virus dan malware ke dalam perangkat.

Baca juga: Daftar iPhone dari Harga Termurah Hingga Termahal

Update / Pembaruan

update

Dari segi pembaruan, iOS bisa diakui lebih unggul. Update yang dilakukan iOS konsisten dan terjadwal. Dalam setiap pembaruannya, iOS juga selalu menyertakan sistem keamanan lengkap dengan berbagai fitur baru yang dibawa oleh seri perangkat terbaru mereka. 

Pembaruan di perangkat iOS menawarkan dukungan update software yang panjang. Seperti contohnya iOS 14 yang masih kompatibel untuk perangkat iPhone 6S keluaran tahun 2015.

Penyimpanan Eksternal

SD card

Android dirancang dengan memiliki slot penyimpanan eksternal. Ini adalah salah satu keuntungan bagi kamu yang selalu ingin menambah kapasitas penyimpanan di HP. Kamu tinggal menambah SD Card dengan besaran memori yang sesuai untuk menambah kapasitas penyimpanan pada Android. Hal itu juga cukup membuat banyak orang lebih memilih Android dibandingkan dengan iOS.

Untuk iOS, sayangnya tidak terdapat slot untuk penyimpanan eksternal. Apple menyediakan tambahan storage dengan cara membeli/upgrade iCloud ke ruang penyimpanan yang lebih besar, mulai dari 50 GB hingga 2 TB tentunya dengan biaya tambahan yang ditagih ke pengguna setiap bulannya.

Baca juga: 5 Rekomendasi HP Samsung Dibawah 3 Juta Spek Tinggi

Aplikasi

play store and app store

Menurut laman businessofapps.com, jumlah aplikasi Android di Google Play Store melebihi jumlah aplikasi yang tersedia di Apple App Store. Hal ini menandakan lebih banyak aplikasi yang bisa diunggah oleh pengguna Android dibandingkan dengan iOS. 

Namun, Apple juga tidak mau kalah. Apple menawarkan berbagai aplikasi eksklusif di iOS dengan fitur-fitur menarik yang tidak bisa didapatkan pengguna Android. Seperti contohnya iMessage, FaceTime, iCloud dan juga berbagai macam aplikasi olahraga yang dapat terintegrasi dengan perangkat Apple lainnya yang kamu miliki.

Kesimpulan

Itu dia ulasan iOS vs Android yang sudah Telunjuk rangkum supaya kamu lebih mudah memutuskan yang sesuai dengan kebutuhanmu. Dari ulasan di atas, memang keduanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sekarang pilihannya ada di tanganmu, kira-kira mana yang lebih cocok untukmu, iOS atau Android? 

Sebelum membeli salah satunya, cek harga gadget iOS atau Android pilihanmu di Telunjuk ya! Jangan sampai ketinggalan penawaran harga terbaik dari berbagai e-commerce di Indonesia hanya di Telunjuk.com!

Artikel Terkait

Sponsored

Artikel Terpopuler

Sponsored