Kenapa Harga iPhone Mahal di Indonesia? Ini Alasannya!

Telunjuk.com App

Amelia Nur Fauziah

Oct 16, 2020

22 Dilihat

Kenapa Harga iPhone Mahal di Indonesia? Ini Alasannya!

Logo buah apel dengan gigitan di samping kanan buah serta satu daun kecil di atasnya, membuat produk Apple dapat dikenali bahkan dari kejauhan. Jika melihat logo tersebut, masyarakat pasti langsung berasumsi harga iPhone mahal. Bisa dilihat dari daftar harga iPhone yang selalu stabil meskipun sudah bertahun-tahun.

iPhone bukan Produk, melainkan Brand 

Dikutip dari Wall Street Journal di laman Youtube resminya, bulan Agustus 2020 menjadi titik sejarah baru bagi Apple. Apple akhirnya berhasil mengungguli Aramco dan menjadi perusahaan publik bernilai tertinggi di dunia. 

Untuk pertama kalinya, kapitalisasi pasar Apple melonjak dan melewati angka 2 triliun dollar. Itu berarti, saham Apple meningkat hampir 60% tahun ini.

Apa yang membuat Apple bisa mencapai titik ini? Jawabannya adalah brand.

Apple tidak sekedar menjual produk, Apple menjual brand. Brand yang dengan susah payah mereka bangun sejak awal berdirinya di tahun 1976. Bahkan logonya yang hanya sepotong apel yang sudah tergigit, juga sudah direncanakan sedemikian rupa untuk mendukung brand ini.

Logo Apple pertama dibuat oleh Ronald Wayne, salah satu pendiri awal Apple Inc. Dilansir dari Kompas.com, logo tersebut hanya dipakai selama satu tahun sebelum digantikan oleh logo yang dibuat oleh Rob Janoff. 

Logo buatan Janoff dipercaya dapat menguatkan brand Apple. Itu terbukti dengan digunakannya logo tersebut hingga kini bahkan tanpa menaruh nama brand di sekitar logonya.

Saking kuatnya branding Apple di pasaran, produk-produk keluaran Apple selalu ditunggu. Fans produk Apple percaya mereka sedang membeli sebuah brand, bukan hanya produknya. Namun, apa saja alasan di balik mahalnya harga iPhone?

Software IPhone Itu iOS

Tidak seperti HP brand lain yang kompak menggunakan Android, software iPhone adalah iOS. Apple memang dikenal mengembangkan sendiri software untuk produk-produk buatan mereka. Hal ini membuat produk-produk Apple menjadi eksklusif. Eksklusifitas inilah yang menjadi nilai tambah bagi iPhone.

Dengan software ini, Apple memastikan bahwa semua program atau aplikasi yang tersedia di App Store telah memenuhi regulasi ketat yang mereka terapkan. Selain itu, semua program-program tersebut langsung dipantau oleh Apple. Jadi dijamin anti virus.

Inovasi Lagi, Inovasi Terus

Apple memang dikenal sebagai gudangnya inovasi. Inovasi terbaru Apple adalah Apple Watch dan Airbuds. Keduanya terhubung dengan iPhone untuk memberikan penggunanya pengalaman lebih dalam menggunakan iPhone tersebut. 

Selain itu, ada Apple Pay yang dapat membantu untuk membayar, mengontrol, dan melakukan pencatatan terhadap alur keuangan kamu.

Dalam wawancaranya dengan ABC yang dirangkum oleh KompasTekno dari CNBC pada tahun 2018, bos Apple, Tim Cook, menjelaskan kenapa harga iPhone mahal. 

Harga iPhone Lebih Mahal di Indonesia

Harga iPhone memang lebih mahal di Indonesia. Itu disebabkan karena pembeli di Indonesia harus membayar penuh di awal untuk memiliki produk ini. 

Hal ini tidak berlaku di negara-negara seperti Amerika Serikat dan Korea Selatan yang menawarkan kontrak operator. Dengan kontrak ini, pembeli bisa mendapatkan iPhone terbaru dengan sistem mencicil.

Dengan mencicil hanya 30 dollar AS sebulan atau 1 dollar AS per hari, pembeli tentu dimudahkan untuk memiliki iPhone keluaran terbaru. Tentu saja sistem pembayaran ini lebih mudah dibandingkan membayar harga penuh di awal. 

Harga-harga iPhone Terbaru 2020

iPhone 11 series, iPhone 11 Pro series, dan iPhone SE 2020 series merupakan seri iPhone terbaru dan paling banyak diincar oleh penggemar iPhone di Indonesia. 

Terlebih untuk iPhone SE series yang dibanderol dengan harga lebih murah dari series iPhone yang lain, tentu akan lebih populer pada pasar menengah Indonesia. 

Daftar Harga dan Spesifikasi iPhone SE 2020 Series

Harga iPhone SE 2020

Seri iPhone ini juga dikenal dengan nama lain iPhone SE 2 atau iPhone SE 2nd generation. Sekilas dilihat, iPhone ini terlihat compact dan memiliki tampilan ala iPhone 8. 

Tombol Home pada iPhone seri ini juga memiliki fungsi touch ID. Terlebih lagi, HP ini juga dibekali prosesor Apple A13 Bionic, prosesor terbaru Apple, yang juga disematkan di iPhone 11 lho! 

Keunggulan dari chip smartphone keluaran Apple ini adalah performanya yang lebih cepat dari prosesor lain. Bahkan pendahulunya, Apple A12 Bionic keluaran tahun lalu, mampu mengalahkan Snapdragon 855

Dengan performa yang lebih cepat, pengguna dapat merasakan pengalaman menggunakan iPhone yang lebih terintegrasi dan hemat daya.

Spesifikasi lain dari IPhone SE 2020 ini adalah RAM 4GB dengan Kamera Utama 12 MP, Kamera Selfie 17MP, Baterai 1.821 mAh. ROM yang tersedia untuk seri ini adalah 64GB, 128GB, dan 256GB. Harga seri ini berbeda sesuai dengan ROM-nya.

Seri dengan ROM 64GB, dibanderol dengan harga Rp.8.575.000,-. Seri dengan ROM 128GB dibanderol dengan harga Rp9.775.000,- sedangkan seri dengan ROM 256GB dibanderol dengan harga Rp11.599.000,-.

Sayangnya, meski Apple sudah secara resmi merilis informasi mengenai iPhone terbaru ini, produk ini belum tersedia di distributor resmi di Indonesia. Pengguna iPhone Indonesia harus bersabar untuk membeli lini HP murah dari Apple ini.

Bandingkan harga

Daftar Harga dan Spesifikasi iPhone 11 Series

Harga iPhone 11

Tidak seperti pendahulunya, iPhone X dan iPhone XS, seri iPhone 11 dilengkapi chipset Apple A13 Bionic, prosesor yang sama yang digunakan pada iPhone SE 2020 series. Menariknya, iPhone ini juga memiliki setup dual kamera yaitu lensa wide dan lensa ultra wide yang mampu menangkap objek yang lebih luas. 

Selain itu, seri ini dibekali dengan RAM 4GB, Kamera Utama 12MP + 12MP, Kamera Selfie 12MP + TOF, dan Baterai 3.110 mAh. Harga iPhone 11 ini dipatok Rp13.999.000,- dengan ROM 64GB, Rp15.499.000,- dengan ROM 128GB, dan Rp17.499.000,- dengan ROM 256GB.

Bandingkan harga

Daftar Harga dan Spesifikasi iPhone 11 Pro Series

iPhone 11 Pro Series

Seri ini terdiri dari iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max. Kedua seri ini sama-sama menggunakan prosesor Apple A13 Bionic seperti series yang sudah kita bahas sebelumnya. 

Sebagai nilai tambah, iPhone seri ini memiliki setup triple camera dengan pengaturan wide, telephoto, dan ultrawide yang canggih. Dengan Kamera Utama 12MP + 12MP + 12MP dan Kamera Selfie 12MP + TOF, akan menjamin kepuasan kamu terhadap sektor fotografi yang dimilikinya.

Perbedaan dari keduanya terletak pada ukuran layar dan kapasitas baterai. Kapasitas baterai iPhone 11 Pro adalah 3.046 mAh sedangkan iPhone 11 Pro Max memiliki kapasitas baterai 3.969 mAh.

Harga iPhone 11 Pro dengan ROM 64GB dipatok Rp.20.499.000,-. Seri yang sama dengan ROM 256GB dihargai Rp23.999.000,- sedangkan dengan ROM 512GB dihargai Rp27.999.000,-.

Harga iPhone 11 Pro Max paling murah dipatok dengan harga Rp.21.999.000,- untuk ROM 64GB. Untuk ROM 256GB dipatok Rp.25.999.000,- sedangkan Rp29.999.000,- untuk ROM 512GB. 

Bandingkan harga

Artikel Terkait

Sponsored

Artikel Terpopuler

Sponsored