Cara Screenshot HP Vivo OS Jadul hingga Paling Baru

Telunjuk.com App

Amelia Nur Fauziah

Sep 30, 2020

4 Dilihat

Cara Screenshot HP Vivo OS Jadul hingga Paling Baru

Mengambil screenshot atau tangkapan layar sering digunakan oleh pengguna ponsel pintar. Masing-masing produk smartphone memiliki cara pengambilan screenshot yang berbeda. Hal tersebut dikarenakan versi android atau OS yang berbeda pada ponsel, serta fitur yang dimiliki HP tersebut. 

Buat kamu pengguna HP Vivo yang mengalami kesulitan untuk mengambil gambar screenshot, atau mungkin pernah gagal saat melakukan screenshot, berikut cara-cara screenshot HP Vivo buat kamu Sahabat Telunjuk!

Berbagai Cara Screenshot HP Vivo

Untuk melakukan screenshot pada Vivo ada banyak cara yang mudah. Dibawah ini cara yang bisa kamu pilih:

  • Menekan tombol Home dan Power secara bersamaan 
  • Slide 3 jari pada layar HP dari atas ke bawah
  • Gunakan tombol Funtouch OS 3.1 ke bawah untuk seri jadul 
  • Sementara gunkan 3 jari OS 4.0 ke atas untuk ponsel Vivo terbaru

 

 

Selain cara diatas, Telunjuk juga punya cara-cara lainnya buat kamu lho. Dibawah ini detail cara screenshot HP Vivo!

Cara Screenshot HP Vivo dengan Tombol 

  1. Dengan menekan tombol Home + Power bersamaan. Untuk melakukan screenshot dengan tombol Home pada HP Vivo, cukup menekannya bersamaan dengan Power. Apabila kamu kesulitan, bisa menekan tombol dengan menghitungnya dahulu, kemudian tekan. 

Cara pertama ini bisa digunakan untuk HP Vivo Y53 atau ponsel Vivo sejenis yang dikeluarkan di waktu berdekatan. 

screenshot HP Vivo Y53

   2. Cara selanjutnya adalah dengan menekan tombol volume Down dan Power bersamaan. Cara ini adalah cara screenshot HP Vivo Y53 dan sejenisnya yang memiliki OS sama. 

Ciri-ciri screenshot berhasil jika muncul suara “klik”, atau ada seperti foto halaman yang muncul. Kamu bisa langsung melihatnya di Galeri lalu Screenshot atau ke bagian Recent.

Screenshot Menggunakan S Capture

S Capture HP Vivo

Fitur S Capture adalah cara screenshot HP Vivo Y15 yang paling mudah dan termasuk teknologi baru. Untuk melakukannya kamu cukup swipe ke atas, buka Quick Setting, dan pilih S Capture. 

Selain itu, fitur ini juga bisa menangkap tampilan layar sekaligus mengeditnya. Tinggal pilih saja Edit yang kamu inginkan pada menu Funny Screenshot.

Screenshot dengan Swipe 3 Jari

Screenshot swipe 3 jari

Screenshot dengan Swipe 3 jari bisa digunakan oleh semua ponsel Vivo dengan OS 4.0 ke atas. Kamu bisa melihat apa OS yang ada di ponsel dengan melihat Pengaturan, kemudian pilih Tentang Ponsel atau About Phone.

Cara screenshotnya cukup dengan tempelkan 3 jari kamu ke layar, dan tarik ke atas. Sama seperti cara lain, hasilnya akan ada di Galeri, dan pada album atau folder Screenshot.

Cara Screenshot Panjang

Long screenshot

Kalau kamu menemukan sebuah artikel menarik, gambar, atau informasi apapun yang cukup panjang, bisa juga di screenshot. Tidak perlu dibagi menjadi 2 kali tangkapan, cukup satu saja dengan cara screenshot panjang. 

Cara ini bisa digunakan di HP vivo mulai dari OS 3.1 ke bawah untuk 15 screenshot, dan 40 screenshot untuk OS 3.2 ke atas. 

Untuk mengambil screenshot panjang, cara screenshot panjang Vivo Y93 dan ponsel lain yang memakai OS lebih rendah sama. Caranya adalah dengan menggunakan Fitur S Capture, dan pilih Long Screenshot yang ada di kiri.

Cukup tentukan batas atas yang akan di screenshot, dan kemudian batas bawahnya. Kemudian jika sudah, cukup di Save dan tinggal keluar saja untuk melihat hasilnya.

Hasil Screenshot Blur

Screenshot blur

Ada kalanya hasil screenshot menjadi blur atau tidak jelas. Terutama kalau kamu mencoba untuk memperbesar hasil tangkapan layarnya. Tapi jangan panik dulu ya, Telunjuk punya solusinya buat kamu!

Resolusi screenshot itu tergantung dari resolusi layar. Jadi, kalau resolusi layar kecil, otomatis gambar juga jadi blur kalau diperbesar. Untuk menangani ini, kamu hanya perlu mengunggah aplikasi untuk mengconvert agar hasil tangkapan lebih HD. Banyak aplikasi yang bisa kamu dapatkan untuk di ponsel maupun PC, antara lain adalah Remini, Pixlr, Fix to Blur untuk HP, dan Remini PC serta Photoshop untuk PC. 

Gagal Mengambil Screenshot

Umumnya, penyebab tidak bisa melakukan screenshot adalah cara pengaturan HP Vivo yang salah atau memori habis.

Pengaturan Screen Capture

Masalah yang sering terjadi adalah pengaturan HP pada bagian screen capture yang salah. Caranya, buka Setting lalu pilih Security and Privacy, kemudian More Setting, dan pilih Screen Capture Protection. Pada bagian ini, jika kamu merasa memasang password untuk mencegah screenshot, masukan passwordnya. Selanjutnya, tinggal pilih “Allow to Take a Screenshot”. 

Memori Habis

Kalau masalah kamu bukan di pengaturan, bisa jadi karena memori habis. Kamu bisa cek kapasitas RAM HP kamu dengan cara masuk ke Setting, kemudian More Setting, terus pilih Storage Space. Disini kamu akan bisa melihat seberapa sih memori yang tersisa. Kalau memang sudah tinggal sedikit, berarti harus dipindah atau dihapus. 

Setelah kamu mengambil salah satu opsi, kemudian keluarkan SD Card (jika ada). Lalu lakukan Reboot HP, dan coba kembali mengambil screenshot. 

Kalau masih belum berhasil juga setelah Reboot, bisa jadi karena OS yang belum di Upgrade. Tinggal cek saja di bagian Setting dan tinggal pilih About Phone untuk melihat OS baru yang harus diperbaharui. Setelah diperbaharui, Reboot kembali HP dan beres deh masalahnya. 

Cara screenshot HP Vivo OS Terbaru sudah jauh lebih mudah jika dibandingkan dengan yang versi jadul. Beberapa rekomendasi HP Vivo terbaru antara lain:

  • Vivo Y17 berkisar mulai dari harga Rp2.100.000
  • Vivo Y19 berkisar mulai dari harga Rp1.699.000
  • Vivo V15 berkisar mulai dari harga Rp2.600.000
  • Vivo V17 berkisar mulai dari harga Rp2.399.000
  • Vivo Y30 berkisar mulai dari harga Rp2.559.000
  • Vivo X50 berkisar mulai dari harga Rp3.170.000

Berbagai promo bisa kamu dapatkan di Telunjuk dari berbagai toko. Selain itu, kamu juga bisa membandingkan harga-harga antar toko online yang ada. Jadi, kamu bisa tetap update dan hemat sekaligus deh!

Artikel Terkait

Sponsored

Artikel Terpopuler

Sponsored