Cara Reset HP Samsung Mudah dan 100% Sukses

Telunjuk.com App

Amelia Nur Fauziah

Oct 01, 2020

7 Dilihat

Cara Reset HP Samsung Mudah dan 100% Sukses

Cara reset HP Samsung bisa dibilang hampir mirip dengan smartphone lainnya. Meskipun langkahnya tidak persis sama, namun caranya tetaplah mudah. Buat kamu yang merasa gaptek, pasti juga bisa kok melakukannya dengan benar. Terutama buat kamu Sahabat Telunjuk pengguna HP Samsung, pasti butuh kan kemampuan mengambil screenshot ini.

Walaupun terbilang mudah, pengambilan screenshot HP Samsung cukup membingungkan bagi pengguna pemula. Berikut cara screenshot HP Samsung versi Telunjuk!

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Reset HP Agar 100% Sukses

Tidak jarang lagi pengguna smartphone mengalami kegagalan saat melakukan reset data. Jangan panik, kini kamu bisa atasi sendiri sesuai cara dibawah ini.

Pertama, pastikan kamu mencabut SD Card, lalu jangan lupa mengecek baterai ponsel yang tersisa. Sediakan minimal untuk melakukan proses reset dari awal hingga akhir sekitar 75%. Hindari mereset HP saat sedang mengecas, karena akan menimbulkan arus pendek antara baterai dan sumber listrik.

Cara Reset HP Samsung dengan Kode

Reset HP Samsung

Untuk melakukan reset, cara yang paling mudah tanpa banyak tombol adalah dengan memasukkan kode. Kamu cukup buka HP Samsung kamu, dan masukan *276783855# di layar tombol. 

Setelah itu, kamu hanya perlu tunggu hingga selesai. Jangan lupa, setiap ponsel akan berbeda prosesnya masing-masing ya. Jadi, kalau lebih lama dari HP lainnya, sabar jangan khawatir dan tunggu saja hingga selesai.

Reset HP Samsung dengan Tombol

Samsung J5

Cara lain untuk melakukan reset adalah dengan menekan tombol Home dan Volume Down bersamaan. Cara reset HP Samsung J5 ini bisa digunakan untuk semua jenis HP Samsung yang memiliki tombol Home dan Volume. 

Kamu harus mematikan ponsel terlebih dahulu, lalu pencet Home dan Volume bersamaan. Pencet tombol sampai muncul menu Android System Recovery. Disini akan ada banyak pilihan mulai dari Reboot, Wipe Cache, sampai Wipe Data/ Factory Reset.

Pilih menu Wipe Data/ Factory Reset menggunakan tombol Volume Up atau Down. Kemudian kalau sudah tinggal pencet tombol Power, pilih Yes, dan klik Delete All Data.

Sampai disini, tunggu hingga proses selesai. Kalau sudah selesai, pilih menu Reboot supaya HP melakukan Restart otomatis, dan sukses. 

Reset HP Tanpa Menghapus Data

Cara Reset HP Samsung tanpa menghapus data, gampang banget lho. Kamu cuma perlu melakukan backup data sebelum reset. Untuk backup sendiri kamu bisa memindahkan data ke SD Card, atau ke Google Drive. Jika ke SD Card, tinggal di cut atau copy saja, sementara untuk Google Drive, ada di Pengaturan, lalu pilih System, kemudian Back Up.

SD Card

Bisa juga kamu langsung memilih opsi backup ketika melakukan reset lewat Setting. Pilihan ini ada di atas Factory Data Reset atau Reset Device, cukup di centang saja. 

Melakukan Reset Jika Lupa Kode Lock Screen

Find My Mobile

Caranya adalah dengan menggunakan fitur Find My Mobile atau masuk ke akun Samsung di website dan kemudian klik Lock My Screen. Lalu, masukan pin yang baru terus klik Lock. Kalau sudah, tunggu sampai tanda centang muncul di bawah tulisan Unlock. 

Cara lain kalau HP kamu menggunakan OS 4.4 ke bawah adalah dengan Google Account. Kamu bisa pilih Forgot Pattern setelah salah 5 kali, lalu masukan email dan password Google Account. 

Untuk mempermudah kamu, Telunjuk beri kamu rekomendasi HP Samsung terbaru andalan untuk Sahabat Telunjuk! Kamu juga bisa bandingkan harga sesuai dengan budget kamu loh!

Artikel Terkait

Sponsored

Artikel Terpopuler

Sponsored