LIVE Fit & Fab

5 Cara Ampuh Bikin Baterai HP Awet Dipakai Kegiatan Sehari-hari

Valerie Joan @Valejoan

Jul 08, 2019

article_image

Mau tidak mau harus diakui bahwa penggunaan ponsel begitu erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Tidak sedikit dari generasi masa kini yang memiliki pekerjaan berkaitan dengan ponsel. Bukan berarti ketergantungan yang sia-sia, melainkan karena membutuhkan untuk menunjang kegiatan.

Oleh karena itu fungsi dari ponsel menjadi begitu vital, terkadang memiliki satu smartphone saja tidak cukup, mengingat fitur serta kapasitas baterai yang dimiliki. Membawa powerbank rasanya bisa menjadi solusi, namun alangkah baiknya bila kita mengetahui cara agar baterai hp awet saat digunakan sehari-hari. Simak cara-caranya di bawah ini.

 

1. Minimalisir pengeluaran daya melalui “Setting”

Cara terbaik agar baterai hp awet dapat dilakukan dengan cara-cara seperti, mengatur kecerahan, menghapus aplikasi yang tidak penting, atau bahkan menghemat dengan cara tidak menggunakan tampilan yang berlebihan dirasa ampuh untuk membuat baterai awet.

Selain itu mengurangi kecerahan yang dimiliki pada hp membuat mata kita yang mau tidak mau harus selalu terpaku menatap layar akan mendapatkan dampak yang minimal. Seperti yang telah di ketahui bersama bahwa radiasi layar hp memberikan dampak buruk, apalagi bila pengaturan kecerahan yang berlebihan.

 

2. Menghindari Mode Getar Pada Hp

Cara hemat baterai hp 1

Bagi anak-anak masa kini atau bahkan para pekerja yang kerap kali melaksanakan meeting, tentu mengubah mode vibrate atau getar pada hp merupakan sebuah hal yang lazim. Mengingat nada yang dikeluarkan saat pesan masuk atau panggilan masuk terkesan berisik dan mengganggu sekitar.

Padahal ini justru memberikan beban lebih pada hp, sehingga berpengaruh pada berkurangnya kapasitas baterai hp saat digunakan. Oleh karena itu alangkah lebih baik bila kalian justru mengubah mode silent atau diam, pada hp kalian guna mencegah mendapatkan panggilan dan pesan yang mengganggu.

Tonton juga: FULL REVIEW | Nokia 210 - Baterai Tahan Sampai 20 Hari!

 

3. Batasi Penggunaan Aplikasi yang Tidak Digunakan

Cara hemat baterai hp

Selain dengan melakukan beberapa cara di atas, kalian sebagai para pengguna hp pun bisa melakukan cara agar baterai hp awet yang ampuh seperti ini. Terkadang aplikasi bawaan hp menyimpan data yang cukup membebani hp kalian, padahal aplikasi tersebut tidak selalu digunakan oleh kalian.

Hal ini yang menyebabkan berkurangnya baterai hp kalian secara sia-sia, maka dari itu menghapus atau mematikan aplikasi yang tidak digunakan secara penting menjadi cara agar baterai hp awet terbaik dilakukan oleh kalian. Selain menjaga baterai hp awet, hal ini pun akan menghemat penggunaan data pada hp kalian.

 

4. Mencegah Agar Hp Tidak Dalam Kondisi Panas

Cara hemat baterai 3

Selain mencari solusi, kita sebagai pengguna hp yang cerdas tentu harus mencegah agar baterai hp awet selalu saat digunakan. Cara pencegahan yang mudah dilakukan adalah tetap menjaga agar hp kita tidak dalam kondisi panas atau overheat, hal ini memberikan dampak kurang baik bagi hp kalian bila sering terjadi.

Bila kondisi hp panas dan dibiarkan secara terus menerus maka penggunaan baterai pun akan semakin banyak, tidak sampai situ saja keadaan hp panas pun berpengaruh pada kualitas baterai yang kalian miliki. Bila terus menerus terjadi maka baterai hp kalian akan mudah rusak, sehingga tidak akan bisa digunakan kembali atau rusak.

Psst… kamu suka gaming tapi hp cepat panas? Kamu pasti suka Xiaomi Blackshark 2 yang memiliki teknologi pendingin generasi ketiga yang berguna mendinginkan perangkat saat bermain game.

 

5. Penggunaan Fitur Data dan Lokasi Kalian

Penting memang untuk menggunakan fitur paket data kalian apalagi bila kalian tidak berada di lokasi yang memiliki jaringan wifi, namun bukan berarti kita harus mengaktifkan fitur ini secara terus menerus. Ada kalanya kita harus mematikan fitur ini sebagai cara agar baterai hp awet lebih lama.

Memiliki kesamaan dengan fitur paket data, fitur untuk membagikan lokasi dimana kalian sedang berada pun berpengaruh pada penggunaan baterai yang kalian miliki. Oleh karena itu lebih bijaklah dalam menggunakan fitur lokasi bila tidak terlalu penting untuk digunakan.

Ada begitu banyak cara agar baterai hp awet saat digunakan, namun poin-poin di atas dapat segera kamu terapkan agar baterai hpmu awet digunakan lebih lama. Selamat mencoba!