Smartwatch: Segala Hal yang Perlu Kamu Pahami

Oleh Nabilla Aidid @arsenails

Nov 28, 2016

 

Jika di artikel sebelumnya, kamu sudah membaca tips-tips jitu dalam menentukan smartwatch mana yang perlu kamu pertimbangkan. Di artikel ini, kamu perlu mengetahui 8 faktor yang ikut menentukan pilihan. Kesembilan faktor tersebut antara lain operating system & compability, tampilan/interface, design & personalisasi, notifikasi/alert, dan pastinya harga. Yuk, lebih cerdas dalam menentukan pilihan dan milih dengan mudah setelah memahami delapan faktor yang perlu kamu pahami dari sebuah smartwatch di bawah ini.

 

Sistem Operasi & Compatibility

Hampir seluruh smartwatch dirakit untuk menyesuaikan sistem operasi tertentu. Oleh karena itu, mengecek apakah smartwatch yang kamu pilih bisa terhubung dengan smartphone yang kamu miliki merupakan hal penting. Contohnya dari Pebble, Pebble Steel dan Pebble Time menggunakan sistem operasi khusus yang bisa terhubung dengan perangkat Android dan iOs. Sama halnya dengan Alcatel OneTouch dan perangkat dari Martian.

Biasanya, smartphone Android tetap bisa bekerja ketika dihubungkan ke iOs, tetapi beberapa fitur (seperti menambahkan aplikasi dan koneksi WiFi otomatis) terpaksa mandek. Dan iya, Apple Watch sayangnya, hanya dapat dihubungkan ke iPhone. Mirip dengan Android Wear dan Google Now, Apple Watch memiliki fitur preview singkat atas cuaca, aktivitas, fitness, dan interaksi sosial. Preview yang juga dapat kamu temukan pada iPhone mu. Intinya, jangan membeli smartwatch yang tidak bisa dihubungkan ke smartphone-mu karena jika tidak bisa terhubung, jam tersebut hanya sekedar jam dan bukanlah sebuah "jam pintar".

 

Display: E-Ink atau LCD?

epaper vs lcd smartwatch

Kini, kebanyakan smartwatch hadir dengan layar LCD penuh warna atau tampilan AMOLED, tapi beberapa merek, seperti Pebble, justru mantap hadir dengan tampilan e-paper. Layar e-paper, datang dengan warna monokrom, membuatnya lebih gampang untuk dibaca, saat outdoor sekalipun, dan lebih tahan baterai. Di sisi lain, smartwatch seperti Apple Watch dan Asus Zenwatch 2 menawarkan layar LCD yang membuat gambar, aplikasi, dan konten lebih kaya warna. Ketika jam e-paper mempunyai built-in backlight, jam LCDs cenderung lebih terang dan konsekuensinya? Baterai lebih boros.

 

Interface: Tombol vs Sentuh?

Design dan permukaan jam seringkali menjadi faktor utama dalam menentukan pilihan yang tepat. Pada perangkat hati ini, layar sentuh mendominasi pasar smartwatch dan cenderung lebih mudah untuk dikontrol. Tapi, jika kamu tidak masalah dengan nge-scroll tombol fisik seperti yang ada pada Pebble Time, kamu bisa mendapatkan smartwatch lebih terjangkau dibanding Apple Watch dan Android Wear dengan lini layar sentuh. Smartwatch seperti Pebble Time masih mampu memberikan tampilan jam tradisional pada pergelangan tangan dan terlihat lebih klasik.

Terkadang, smartwatch dengan layar sentuh pun jadi susah untuk digunakan karena ukuran layar yang kecil. Tapi, perangkat lunak pada Android Wear cukup oke dalam menampilkan notifikasi berbentuk kartu yang bisa kamu swipe untuk loncat dari satu notif ke yang lain. Sedangkan Apple Watch menggunakan pendekatan ganda, yaitu dengan layar sentuh dan crown digital. Dengan crown digital kamu bisa memperbesar konten, nge-scroll, menggunakan Force Touch, dan lain lagi. 

Intinya, dengan berbagai pilihan interface yang ada, layar sentuh masih menjurai, tetapi jika kamu lebih mengutamakan kesederhanaan dan old-school, tombol fisik pada Pebble adalah pilihan yang pas.

 

Design & Personalisasi

pebble straps and design

Merek smartwatch lebih besar biasanya memiliki koleksi strap, baik in-house production, maupun dari third party. Poin ini adalah dimana kamu mencari tahu apakah kamu menginginkan smartwatch yang fleksibel atau oke dengan satu design saja.

Huawei Watch, datang dengan strap standar 18mm yang bisa kamu ganti dengan berbagai opsi design seperti Black Leather, Stainless Steel Link, Stainless Steel Mesh, Brown Leather, Black Stainless Steel Link, dan Rose Gold Plated Stainless Steel Link. Ini juga ditawarkan oleh Moto 360, Pebble Time Round, dan Apple Watch. Pilihlah strap dengan design dan kenyamanan tinggi sehingga kamu bisa menggunakannya seharian.

 

Notifikasi & Alert

Smartwatch berkualitas akan memberikan notifikasi atas penggilan masuk, email, sms via buzz singkat pada pergelangan kamu. Ini membantu kamu untuk mengetahui apakah kamu ingin membalas pesan tersebut secepatnya atau tidak. Tapi, kamu juga perlu notifikasi social network seperti dari Facebook, Path, dan chattin dari WhatsApp dalam waktu yang bersamaan. Pastikan smartwatch yang kamu incar dapat menampilkan notifikasi standar tersebut secara cepat.

Beberapa smartwatch seperti Samsung Gear S2, memberikan kamu pilihan dengan kostumisasi lewat aplikasi Gear Manager pada Android Phone kamu. Guess Connect dan Alcatel OneTouch membiarkan kamu memilih aplikasi mana yang bisa memberikan notifikasi secara cepat. Dan Apple Watch memungkinkan kamu untuk mengatur kontak VIP dan memprioritaskan notifikasi dari orang-orang tersebut.

 

Aplikasi 

Walaupun smartwatch tergolong sebagai perangkat baru, model tertentu menawarkan ratusan aplikasi. Seperti Apple Watch yang mempunyai aplikasi pendukung terbanyak saat ini (lebih dari 8500 aplikasi). Kamu bisa memasang Instagram, Uber, Shazam, dan CNN di dalamnya. Kamu juga bisa mengontrol pencahayaan lewat aplikasi Philips Hue. Lalu ada Pebble dengan 8000 aplikasi pendukung yang bisa kamu unduh lewat App Store. Kini, kamu bisa menikmati PayPal, ESPN, dan The Weather Channel pada Pebble. Sama halnya dengan Pebble, Android Wear juga memiliki ribuan aplikasi khusus yang bisa kamu nikmati. Seperti Eat24 untuk memesan makanan, Lyft untuk memesan tunggangan, dan WhatsApp untuk messaging.

 

Daya Tahan Baterai dan Charging

Kembali lagi pada display yang ditawarkan oleh masing-masing smartwatch. E-paper menawarkan daya hidup hingga 5 hati tanpa charge, sedangkan smartwatch LCD hanya bertahan dari satu hingga dua hari. Jam dengan kapabilitas suara seperti Apple Watch bisa tahan hingga 18 jam dengan pemakaian normal setelah di-charge penuh.

Untuk nge-charge, biasa kebanyakan orang memilih smartwatch dengan micro USB, karena lebih banyak pilihan kabel yang ada di pasaran. Alcatel OneTouch bahkan memiliki full-size USB charging port, sehingga kamu bisa menge-charge-nya langsung pada laptop. Apple Watch menggunakan charger magnetis dengan kabel panjang yang gampang digunakan.

 

Harga

harga apple watch alcatel onetouch di berbagai toko online

Harga, selalu menjadi faktor penentu final. Kamu perlu menyesuaikan apakah design, fungsi, dan merek yang kamu inginkan benar-benar wort-it? Smartwatch memiliki range harga cukup luas seperti Pebbel original yang dibanderol mulai dari $99 hingga Tag Heuer Connected dengan harga $1500.  Apple Watch sendiri dijual mulai dari $349.

 

Temukan rekomendasi smartwatch yang sesuai dengan kebutuhan dan budget-mu dengan klik

Milih Smartwatch!

 

 

 

 

 

Artikel Terkait

Artikel Populer

Artikel Terbaru