Pelajari Dulu Tipe-tipenya Sebelum Membeli Sepeda yang Tepat (bagian 2)

Oleh Nabilla Aidid @arsenails

Nov 24, 2016

Sepeda, bukan hanya membantu berkuranganya polusi udara. Alat transportasi jadul ini masih mempunyai loyalis yang kerap giat mengkayuhnya setiap hari dari tempat ke tempat. Tahun ini, tipe-tipe sepeda semakin menjamur dan terkadang cukup sulit bagi pengguna untuk memilih tipe yang tepat. Setiap sepeda tentu dibuat khusus untuk medan dan kenyamanan tertentu. Oleh karena itu, daripada salah pilih, mending baca dulu rangkuman Lulu di tipe-tipe sepeda bagian 2 di bawah ini.

1. Sepeda "Jadul" (Cruisers)

Namanya boleh "cruisers", tetapi sepeda ini mempunyai desain mirip sepeda tempo dulu yang dinilai sebagai salah satu tipe paling nyaman digunakan sehari-hari. Tipe ini sering digunakan untuk pergi berbelanja ke pasar, jalan ke pantai, ataupun jalan sore. Mempunyai opsi ban dan tempat duduk yang luar dan biasanya hanya memiliki satu gear. Desainnya mempunyai handlebars yang tinggi, posisi tempat duduk yang rendah sehingga membuat kamu nyaman untuk melihat situasi sekitar ketika berkendara.

2. Sepeda Recumbents

Didesain dengan bentuk yang unik dan berbeda dari tipe lainnya, pengguna sepeda ini mempunyai posisi duduk lebih santai dan nyaman. Dengan posisi yang setengah "tiduran", berat badan lebih terdistribusi ke punggung dan pinggang. Walaupun sekilas terlihat lebih "nyantai", sepeda ini justru cocok digunakan untuk dikayuh dari satu negara ke negara lain atau dengan kata lain untuk menempuh jarak jauh. Karena keunikan tersebut, tipe ini relatif lebih mahal dibanding tipe yang lain, lho.

3. Sepeda Listrik (Power-assisted Bikes)

Tahukah kamu bahwa sepeda listrik justru sedang naik daun belakangan ini? Well, walaupun penampakannya masih cukup jarang di jalan-jalan besar, pengguna sepeda listrik senang mengendarai alat ini untuk keliling sekitar rumah. Tipe ini didukung oleh mesin petrol atau motor elektrik dengan besar bantuan yang bisa disesuaikan. Karena menyimpan mesin listrik dan bermodel hybrid, sepeda ini menjadi cukup berat ketika kamu ingin mengkayuhnya secara normal.

4. Sepeda Lipat (Folding Bicycles)

Demi kepraktisan, kecintaan akan travelling, dan efisiensi ruang, kamu membutuhkan sepeda lipat. Roda, handlebar, dan kerangka sepeda ini bisa dilipat dan disimpan dalam kotak compact yang diterima oleh peraturan penerbangan, lho. Jadi, sepeda ini bisa menjadi senjata ampuh ketika ingin travelling dan menekan budget. Walaupun sempat kemampuan tempuh jarak jauhnya sering diragukan, sepeda ini justru pernah dipakai touring dan terbukti cukup tangguh.

5. Sepeda Multi-rider (Tandem Bikes)

Bersepeda bersama pasti lebih nikmat dan seru. Apalagi kamu sering jalan-jalan bersama keluarga atau teman. Tetapi, daripada jalan-jalan ke mall melulu, bersepeda bareng di atas sepeda tandem malah jauh lebih asyik. Dengan tipe ini, kamu dan temanmu bisa mengkayuh barengan di atas sepeda yang sama. Ditopang dengan kelajuan cepat dan relatif nyaman untuk touring.

Sudah mantap dong memilih tipe sepeda yang cocok. Yuk, temukan rekomendasi sepeda terbaik dari ratusan toko online terpercaya di Indonesia dengan klik gambar di bawah ini.

Artikel Terkait

Artikel Populer

Artikel Terbaru