Pelajari Dulu Tipe-tipenya Sebelum Membeli Sepeda yang Tepat (bagian 1)

Oleh Nabilla Aidid @arsenails

Nov 24, 2016

Walaupun terkenal tradisional, sepeda masih menjadi salah satu alat transportasi yang sering digunakan masyarakat baik di kota maupun daerah. Selain dikayuh untuk pergi kerja, sepeda juga populer sebagai sarana olahraga. Sesuai dengan perkembangan, bukan hanya gadget yang memiliki perluasan model dan fungsi, sepeda pun demikian. Oleh karena itu, sekarang Lulu akan mengupas bermacam jenis sepeda yang tersedia di pasar. Intip kelima jenisnya di bawah ini.

1. Sepeda Jalan (Road Bikes)

Sepeda ini memiliki kerangka yang kokoh, ban tipin, wheelbase yang pendek, dan handlebar yang rata. Biasanya, sepeda ini didesain untuk melaju cepat walaupun tidak kokoh secara struktur seperti sepeda gunung dan ber-body ringan. Bisa kamu gunakan untuk melaju di atas aspal atau jalan, pulang pergi ke kantor, ke pasar, serta mengikuti charity rides.

2. Sepeda Touring (Touring Bikes)

Sepeda touring diciptakan secara khusus untuk menempuh perjalanan jauh dan membawa beban atau cargo. Biasanya sepeda ini memiliki kerangka segitiga yang besar dan lebih kuat secara struktur dari sepeda jalan. Sama halnya dengan sepeda jalan, sepeda touring memiliki handlebar yang rata (dan cenderung ke bawah), namun memiliki gears lebih banyak dari sepeda jalan. Untuk ukuran, besarnya pun kurang lebih mirip dengan sepeda jalan namun memiliki gears bagian bawah yang biasanya bermanfaat dalam membantu kamu mendaki jalan mendaki atau di sekitar pegunungan. Bisa dilihat pada gambar di atas, sepeda touring memiliki wadah untuk membawa kargo seperti keranjang pada bagian depan, dudukan di belakang tempat duduk, serta tempat air minum di dekat pedal.

3. Sepeda Gunung (Mountain Bikes) Sepeda BMX (BMX Bikes)

Sepeda gunung merupakan tipe sepeda yang paing banyak dicari dan terlaris di kebanyakan toko. Mengapa? Karena sepeda ini dinilai paling nyaman untuk dikendarai, berharga relatif lebih murah dan atraktif. Walaupun didesain khusus untuk dikayuh di lingkungan pergunungan, sepeda ini jarang dibeli untuk benar-benar dipakai di gunung. Untuk kecepatan, sepeda gunung tidak memiliki kelajuan secepat sepeda jalan namun memiliki gears lebih banyak untuk mendaki gunung. Demi keselamatan di medan berkendara, sepeda gunung memiliki ban yang besar dengan alur tebal untuk menjadi grid baik di tanah becek sekaipun. Sepeda ini juga cukup nyaman untuk pergi touring tanpa perlu membawa cargo yang banyak.

4. Sepeda Hybrid

Nah, kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan tipe yang satu ini, Bicycle Motocross. Bicycle Motocross atau akrabnya disebut BMX begitu popular hingga mempunyai kompetisi dunia yang memiliki following cukup besar. Sepeda BMX kurang cocok untuk digunakan dalam perjalanan jauh karena memiliki posisi tempat duduk yang rendah sehingga relatif tidak nyaman. Sepeda ini didesain untuk dirt racing, street riding, dan atraksi.

Artikel Terkait

Artikel Populer

Artikel Terbaru