Kamera GoPro Mana yang Cocok Buat Kamu? Bandingkan 5 Tipenya di Sini

Oleh Nabilla Aidid @arsenails

Nov 24, 2016

Dengan kemunculan Hero 5 Black dan Hero 5 Session, GoPro tidak lagi memproduksi Hero 4 Silver dan Hero 4 Black serta mengganti nama beberapa tipe lama seperti Hero 4 Session menjadi Hero Session. Selain itu, GoPro juga turut menyesuaikan harga produk mereka seperti Session yang kini dijual dengan $199. Lalu, tipe manakah yang cocok buat kamu? Intip Buying Guide dari kami di bawah ini.

1. GoPro Hero 5 Black

Perangkat flagship terbaru dari GoPro, GoPro Hero 5 Black mempunyai perubahan design major yang terkesan lebih sporty, dan bisa kamu bawa menyelam hingga kedalaman 33 kaki tanpa perlu casing pelindung. Kamera ini memiliki rear LCD touch-screen berukuran 2 inci untuk kamu gunakan lebih leluasa dan nyaman. Juga dilengkapi dengan fitur voice commands untuk membantu kamu merekam & menangkap gambar di situasi mendukung. Mempunyai hasil 4K dan image stabilization. Dengan kamera 12MP, resolusi video 4K/30fps, hasil video yang dihasilkan GoPro selalu mengesankan. Harga jual? Mulai dari $399 atau setara dengan Rp 5.3 juta.

2. GoPro Hero 5 Session

Hampir mirip dengan tipe sebelumnya, Hero 5 Session mempunyai kemampuan perekam 4K/30fps, waterproof hingga kedalaman 33 kaki, memilliki stabilisasi video, serta kontrol suara. Pembedanya adalah Hero 5 Session hadir dalam ukuran lebih kecil, sama dengan Hero Session. Dengan ukuran lebih kecil ini, Hero 5 Session tidak memiliki touchscreen, kemampuan untuk mengambil foto dalam format RAW, GPS capture data dan daya tahan baterai lebih pendek. Tapi, jika kamu tidak keberatan dengan hilangnya fitur tersebut, Hero 5 Session tetaplah pilihan yang ciamik. Dibanderol $299 atau setara dengan Rp 4 jutaan.

3. Go Pro Hero Session

Nama baru dari Hero 4 Session, Hero Session merupakan perangkat terkecil dan teringan dari GoPro. Mempunyai berat sebesar 2,6 ons dan 50% lebih kecil dari Hero 4 Silver. Walaupun kamu tidak bisa melepas baterainya, kamera berbentuk persegi ini bisa tahan hingga 2 jam penuh aksi. Namun, Hero Session tidak bisa dibawa menyelam sedalam tipe Hero 5 terbaru, walaupun masih bisa bertahan di kedalaman 33 kaki, kamu tidak dianjurkan untuk menyobanya. Makanya, kamera ini cocok dibawah snorkeling, paragliding, hingga skiing. Dihargai $199 yaitu setara dengan Rp 2,6 juta.

4. GoPro Hero 4 Silver

Didapuk sebagai salah satu recommended camera oleh Toms Guide, sebuah Silver juga mempunyai kemampuan shoot 4K dengan 15 fps. Saran dari kami adalah beralih ke kemampuan video shoot 1080p/60fps yang dimiliki Hero 4 Silver. Merupakan tipe pertama dengan layar LCD yang memudahkan kamu melihat video dan mengatur setelan. Mirip dengan tipe Black, kamu bisa mengatur ISO, White Balance, Exposure Compensation dan live-stream menggunakan Periscope. Harganya mulai $329 atau setara dengan Rp 4,5 jutaan.

5. GoPro Hero+ LCD

Mirip dengan Hero 4 Silver, Hero+ LCD mempunyai layar LCD dan memiliki kemampuan video shoot 1080p/60 fps. Pembeda tipe ini dengan yang lain terletak pada rugged housing pada kameranya sehingga menjadikan Hero+ LCD lebih bulky dari yang lain. Namun, terlepas dari fitur yang dimiliki, kamera ini cocok digunakan untuk merekam petualangan sehari-hari dan dibanderol mulai dari $238 yaitu Rp 3,2 juta.

Artikel Terkait

Artikel Populer

Artikel Terbaru