Ingin Beli TV Baru? Inilah 10 Tips yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli

Oleh Nabilla Aidid @arsenails

Mar 02, 2017

Smart TV, LED, OLED, 4K, dan HDR. Sudah pernah mendengar kelima istilah tersebut? Industri dan produksi televisi makin tak terbendung setiap hari. Makin banyak inovasi, pilihan, dan juga membuat bingung. Hari ini, terdapat ribuan televisi dari high-definition (HD) hingga 4K Ultra HD beredar di pasaran. Harga yang ditawarkanpun bermacam-macam, ada yang good deal dan tetap terjangkau, ada juga yang harganya setara dengan sebuah mobil.

Besar layar dan harga seringkali menjadi faktor mendasar sebelum membeli sebuah televisi. Mulai dari di bawah 30 inci, hingga 50 inci, bahkan sebesar 110 inci yang tersedia dalam teknologi light-emiting diode (LED) bermodel LCD standar. Sebagai referensi, John R. Quain dalam tomsguide.com berpendapat "Prices tend to start at $200 for 32-inch sets (which are great for the bedroom), but for bigger rooms the sweet spot is a 50- or 55-incher for less than $500." Hal ini memberikan gambaran jika TV berukuran 32 inci menjadi pelengkap pas untuk kamar tidur dan TV berukuran lebih besar yaitu 50 dan 55 inci cocok untuk diletakkan di ruang keluarga dan sweet spot lainnya.

Perkembangan teknologi televisi masih terus bergulir dan sudah melahirkan Ultra HD yaitu dalam format 4K, dimana menawarkan pixel 4 kali lebih banyak dari pixel yang ada pada HDTV. Kerjernihan dan kualitas gambar yang dimiliki TV 4K tentu diiringi dengan lonjakan harga yang bikin geleng kepala. 

Confuse not, inilah kesepuluh tips singkat yang perlu kamu pertimbangkan sebelum membeli seperangkat tv baru:

1.Beli TV beresolusi "lumayan" alias tidak kurang dari 1080p. 

Kamu kudu buang jauh-jauh pertimbangan membeli tv dengan resolusi 720p, kenapa? Selain harganya yang tidak jauh beda, siapa sih yang masih menikmati gambar dengan resolusi pas-pasan?

2. Beli TV dengan rate refresh tidak kurang dari 120 Hz.

Walaupun tidak dianjurkan dan jika budget berkata lain, kamu bisa mencari tv dengan refresh rate di angka 60 Hz, tapi 120 Hz adalah rate yang tepat dimana televisi bisa mengganti gambar secepat mungkin. Walaupun kesannya kurang familiar buang kebanyakan orang, refresh rate tinggi cocok untuk kamu yang suka bermain games di tv. Karena setiap action dan serangan yang kamu command akan berjalan smooth & jelas.

3. Nggak ada salahnya membeli TV 4K Ultra HD.

Relevansi. Jika kamu ingin teknologimu tetap relevan hingga 5 tahun ke depan, belilah TV 4K Ultra HD. Walaupun tayangan 4K masih jarang ditemukan hari ini, para ahli memprediksinya dominasi 4K dalam 5 tahun ke depan.

4. TV OLED memiliki kualitas lebih baik.

Dibanding TV LED biasa, kamu perlu membeli OLED yang tentunya lebih mahal dari TV LED.

5. Cari seperangkat HDR yang compatible.

High Dynamic Range atau HDR, adalah jodoh TV premium saat ini. Demi merasakan gambar lebih riil, kejernihan tanpa batas, ketajaman warna yang epic, sempatkan untuk meriset seperangkat HDR yang tepat untuk TVmu dan untuk itu kamu memerlukan TV yang HDR acceptable.

6. Abaikan spesifikasi rasio kontras.

Spesifikasi panjang yang kamu baca di manual dan yang dijelaskan salesmen seringkali hanya angka semata. Oleh karena itu, coba tv yang ingin kamu beli dan andalkan matamu sendiri, lalu putuskan.

7. Harus ada 4 port HDMI.

Oh well, di jaman yang semakin maju, televisipun semakin dinamis. Bisa dijadikan layar presentasi, memainkan musik, menonton film yang asalnya dari USB atau perangkat luar.

8. TV Curve itu hanya fashion statement biasa.

Sebelum merogoh kocek membeli tv curve yang harganya bombastis seharga mobil, kamu perlu ingat jika tv Curve tidak memberikan kualitas gambar lebih baik dari tv biasa.

9. "SMART TV"

Jangan mau terlena dengan judul "smart" pada nama tv yang ada di pasaran. Karena pada dasarnya setiap tv sudah "smart" sekarang dan "smart" bukanlah lagi big deal saat ini.

10. Bagaimana dengan perangkat audio?

Fisik televisi mengalami transformasi yang drastis, dari yang dulu bentuknya tabung semakin menipis dan terlihat lebih elegan. Beda dengan tv dahulu, tv zaman sekarang cenderung memliki pengeras suara yang lemah. Daripada kesal mendengarkan suara berkualitas rendah di gambar jernis, carilah seperangkan audio gokil untuk mengimbangi tvmu.

 

Pertimbangkan kesepuluh tips singkat di atas dan cari tv yang paling pas buat kamu dari ratusan toko online di Indonesia dengan klik 

 

Milih TV Dengan Mudah

 

 

Artikel Terkait

Artikel Populer

Artikel Terbaru