4 Tipe iPod Apple: Performa, Fungsi, Kapasitas dan Harga

Oleh Nabilla Aidid @arsenails

Nov 24, 2016

Pada dasarnya semua hal diciptakan sama dan berimbang, namun tidak bisa dipungkiri jika satu hal bisa lebih baik dari yang lain. Nah, hal ini bisa ditemukan dalam iPod, pemutar musik keluaran Apple. Panduan belanja kita kali ini akan membahas tiap-tiap kekuatan dan kelemahan yang dimiliki oleh tiap tiap iPod yaitu iPod touch, iPod nano, iPod Shuffle, dan pastinya iPod Classic. Daftar di bawah ini, kita urutkan berdasarkan pengamatan pada performa, fungsi, kapastias, dan harga yang ditawarkan. Jadi, sebelum memutuskan tipe mana yang pas buat kamu, baca dulu panduan belanja berikut ini.

1. iPod touch

Setiap tahun atau setiap dua tahun sekali, Apple merilis versi terbaru dari pemutar musik mereka, seperti iPod touch yang kini hadir dengan 6th generation. Dilansir dari lifewire, iPod touch 6th generation ini merupakan handhelp pemutar media/perangkat internet terbaik yang ada. Perangkat ini mempunyai lini keren seperti layar retina display berukuran 4 inch, koneksi internet, dukungan Apple Store, dan kemampuan FaceTime. Dari segi otak operasi, iPod touch terbaru dibangung dengan processor A8, M8 motion processor untuk tracking movement, aktivitas fisik, kamera belakang 8MP, 1080 HD recording, dan slow motion. WOW! Tips dari Lulu, jika kamu penikmat musik tapi juga ingin merasakan kelebihan lain yang ditawarkan, belilah yang kapasitas 128GB. Untuk 128GB, kamu bisa memiliki dengan harga mulai dari $399 (setara dengan 5,2 jutaan) di puluhan e-commerce yang ada di Telunjuk.

2. iPod nano

Jika kamu merasa cukup kecewa dengan performa atau keseluruhan dari iPod nano 6th generation.Dimana body kecil dengan layar multitouch dianggap sebagai inovasi oleh Apple kala itu, terbukti kurang berhasil mengingat pengguna memiliki akses terbatas atas fitur yang ada di dalamnya. Sebaliknya, model 7th generation kembali dengan body tinggi seperti 4th generation. Dalam perangkat ini, kamu bisa menyimpan video kembali dimana sebelumnya fitur ini dihilangkan pada 6th generation. 7th generation datang dengan ukuran layar 2,5 inch, tombol Home, dan Lightning connector. Bisa dibilang, perangkat ini adalah produk terbaik tanpa iOS yang dijual mulai $149 (setara dengan 2 juta rupiah). Cocok banget buat kamu yang mencari perangkat "murah" dan compact.

3. iPod Shuffle

Pembukaan: iPod Shuffle bukanlah kompetitor untuk menjadi iPod terbaik yang ada. Keterbatasan yang dimiliki Shuffle bisa dibilang cukup mengganggu. Namun, desainnya yang elegan dan body yang mini justru menarik banyak pengguna untuk menjadi loyalis. Tipe ini pas digunakan ketika kamu memiliki limit atas ruang gerak atau dalam mobilitas tinggi seperti sedang nge-gym dan berlari. Ukurannya kecil, ringan, dan tanpa layar sentuh tidak akan menjadi penghambat untuk aktivitas fisik yang membutuhkan pergerakan. 4th generation, versi terbaru dari iPod Shuffle memiliki desain mirip 2nd generation dilengkapi oleh berbagai button pada tampilan depan seperti Play & Pause, Volume Up & Down, Next & Previous. Walaupun hanya tersedia dalam ukuran 2GB dengan harga $49 (setara dengan 500 ribuan), iPod Shuffle merupakan paket lengkap untuk pengguna yang tepat.

4. iPod Classic

Nenek moyang dari seluruh model/tipe iPod yang pernah ada, iPod Classic merupakan perangkat iPod pertama yang tak pernah kehilangan daya tariknya. Tidak seperti nano, Classsic menggunakan hard drive (bukan solit-state memory), sehingga berbentuk lebih tebal, kokoh dan lebih berat dari tipe iPod manapun. Kenapa tipe ini masih relevan hingga detik ini? Kapasitasnya 160GB. Ketika iPod touch hanya menawarkan 128GB, Classic tetap mantap dengan 160GB. Memberikan kamu ruang lebar dan bebas untuk menyimpan ratusan ribu lagu. The downside: Apple sudah tidak memproduksi iPod Classic, tetapi kamu masih bisa menemukannya secara online seperti di Ebay, Amazon, atau cari dari puluhan e-commere/toko online yang ada di Telunjuk.

Kini, kamu sudah memahami performa, fungsi, kapasitas, dan harga yang ditawarkan oleh keempat tipe iPod yang ditawarkan oleh Apple. Saatnya mencari perangkat pemutar musik yang pas untuk kamu dengan klik tombol di bawah ini.

Artikel Terkait

Artikel Populer

Artikel Terbaru