8 Alasan Mengapa DJI Goggles Jauh Lebih Istimewa Daripada Fatshark

Oleh Nabilla Aidid @arsenails

May 15, 2017

Sayang sekali, di detik yang sama ketika artikel ini dibuat, pre-order DJI Goggles baru aja sold out. Unch, bummer! Berita buruk (dan juga baik) dari DJI ini membuat kami makin semangat untuk menjabarkan 8 alasan mengapa DJI Goggle jauh lebih istimewa dibandingkan Goggles dari Fatshark. Sebelum membahas kedelapan faktanya, intip dulu apa sih sebenarnya DJI Goggles itu di bawah ini.

"The DJI Goggles are comfortable goggles designed for seamless FPV flying with DJI products.  They combine a pair of large ultra-high quality screens, long-range, low lag wireless connectivity, and direct control of photo and video capture. With Intelligent Flight Modes like ActiveTrack, TapFly, Terrain Follow, Cinematic Mode and Tripod mode, a totally new flying dimension is created." - DJI

Kalau diterjemahkan kurang lebih berarti " Kacamata DJI (DJI Goggles) adalah kacamata nyaman yang didesain untuk first person view bersama produk-produk DJI (drone). Kacamata ini terdiri dari sepasang layar berkualitas tinggi yang bisa menampilkan gambar jarak jauh dengan konektivitas wireless jarak pendek dan memiliki kontrol langsung terhadap output foto dan video. Dengan berbagai mode terbang pintar seperti Active Track, Tap Fly, Terrain Follow, Cinematic Mode dan Tripod Mode, terbentukan sebuah dimensi terbang baru."

Hmm, cukup tentang definisi DJI Goggles, ini dia 8 alasan mengapa DJI Goggles istimewa dan perlu kamu beli.

1. Dibuat khusus 

Dibuat khusus buat apa sih? Buat tampilan gambar yahud, tajam, dan bersih bahkan dari jarak 3 meter sekalipun. DJI Goggles dilengkapi dengan speakers dan touchpad yang memberikan kontrol terhadap drone/kamera dan pengalaman menonton film seperti di bioskop.

2. Terdapat tiga mode tampilan/view video

Pas setelah menghidupkan device ini, kamu akan dihadapkan dengan tiga pilihan view berbeda yaitu smooth, HD, dan keep current (kalau kami nggak salah dengar dari video We Talk UAV). Kamu bisa mengganti dari satu mode ke yang lainnya. Tapi perlu diingat jika mengganti tampilan video berarti kamu juga ikut mengganti kualitas video yang dihasilkan oleh kamera (video output).

3.Mavic Pro, Phantom Series, dan Inspire Series

Walaupun pasangan serasinya adalah Mavic Pro, kamu tetap bisa menghubungkan DJI Goggles ke tipe drone lain dari DJI yaitu Phantom Series seperti Phantom 4, Phantom Advanced Series, Phantom 4, dan Inspire 2. Tapii, kamu cuma bisa mengeksplor seluruh kehebatan DJI Goggles bersama Mavic Pro. Identifikasi fitur yang bisa kamu gunakan dengan tipe-tipe drone yang berbeda bisa kamu lihat pada gambar di atas yang kami comot dari DJI Goggle User Manual.

4. 2 Goggles 1 Aircraft? Why not?

Waw, kamu juga bisa menghubungkan dua DJI Goggles sekaligus ke 1 DJI Mavic pada saat yang bersamaan. Ini berarti kamu bisa menikmati pengalaman terbang bersama pasanganmu dimanapun dan kapanpun bardua.

5. Perangkat apapun selagi memiliki HDMI

Yep, kehebatan selanjutnya dari DJI Goggles adalah kamu bukan cuma bisa terbang bersama aircraft tapi juga menghubungkannya ke perangkat (3rd party device) lain selagi perangkat tersebut memiliki sambungan HDMI seperti iPad, smartphone, dan lainnya.

6. Compatible dengan iPad dan smartphone

Seperti yang sudah kami sebutkan di poin no.5, iPad dan smartphone tersebut akan berfungsi sebagai kontroller. Jadi, maksudnya gini, jika kamu memiliki drone DJI yang terhubung ke iPad, maka iPad-mu bertindak sebagai kontroller dimana kamu bisa mengatur berbagai fungsi dari drone sekaligus menonton apa yang direkam oleh kamera drone. Nah, kamu juga bisa menghubungkan DJI Goggles di antara keduanya dimana Goggles akan berfungsi sebagai penampil video saja. Dalam artian kontrol masih berada di iPad namun tetap bisa dinikmati dalam cinematic experience di dalam DJI Goggles.

7. Gambar tajam dari jarak jauh

Beroperasi pada 2,4 GHz dimana menghasilkan output gambar dan video jarak jauh (hingga 3 meter) yang tajam.

8. Tahan hingga 6 jam

DJI mengklaim jika daya baterai  35,44 wH yang ditanam pada DJI Goggles akan tahan selama 6 jam dalam pemakaian optimal. Nggak percaya? Pre-order aja coba (semoga ada batch selanjutnya)!

Sekian 8 keistimewaan dari DJI Goggles yang sudah bisa kamu pre-0rder tapi udah keburu sold out. Gimana menurut kamu? Layak buat dibeli atau diabaikan aja?

Artikel Terkait

Artikel Populer

Artikel Terbaru