7 Cara Cek Tipe HP Samsung Mudah, Cepat, dan Akurat!

Telunjuk.com App

Amelia Nur Fauziah

Oct 02, 2020

6 Dilihat

7 Cara Cek Tipe HP Samsung Mudah, Cepat, dan Akurat!

Sangat penting untuk mengetahui bagaimana cara cek tipe HP Samsung, terutama jika kamu membelinya dari tangan kedua (second). Biasanya, penjual HP second sering mengklaim HP nya sebagai tipe tertentu, sesuai yang kamu cari.

Maka dari itu, kamu perlu tahu bagaimana cara cek HP Samsung secara mandiri agar nggak mudah tertipu oleh penjual. Berikut ini 7 cara cek tipe HP Samsung yang mudah, cepat, dan akurat versi Telunjuk!

Cek Kardus Kemasan

Kemasan HP Samsung

Cara paling mudah mengecek tipe HP Samsung kamu adalah dengan melihat label pada kardus kemasannya. Nama tipe HP tertera dengan huruf paling besar pada card box (dus boks) tersebut. Tentu ini bakal mudah jika kamu beli HP baru. 

Meski begitu, ada juga yang menggunakan kardus kemasan pesanan sehingga tipe HP dengan label pada dus boks tersebut berbeda. Maka kamu perlu menggunakan cara mengecek tipe HP Samsung yang lain juga.

Cek Tampilan Belakang HP

Tampilan Belakang HP Samsung

Melihat tampilan belakang HP ini sangat efektif jika kamu gunakan sebagai cara cek tipe HP Samsung jadul. Cara ini dapat digunakan terutama untuk kelas HP Samsung yang masih menggunakan model baterai yang dapat dilepas.

Karena data tipe HP tersebut adanya di balik tempat baterai, yang mana perlu dilepas dulu untuk dapat melihat data tersebut. Ada juga yang tercetak pada baterainya. Bagaimanapun, kamu akan tetap perlu melepas casing HP tersebut untuk dapat melihatnya.

Dan ini hanya dapat dilakukan pada HP Samsung lawas karena yang terbaru biasanya telah menggunakan baterai tanam.

Untuk cara mengecek tipe HP Samsung terbaru, kamu bisa menggunakan cara lainnya dibawah ini.

Restart Smartphone

Restart HP Samsung

Cara cek tipe HP Samsung dapat dilakukan dengan me-restart smartphone. Saat HP Samsung di-restart, HP akan menampilkan logo Samsung beserta tipe HP pada layarnya. Kamu perlu menekan tombol power dan menahannya beberapa lama sampai muncul beberapa pilihan.

Lalu, pilihlah menu restart, dan HP akan langsung melakukan booting ulang sambil menampilkan tipe HP di layar. Namun, info yang ditampilkan dengan cara ini sangat terbatas, yaitu merek dan tipe HP saja.

Kode Rahasia

Kode Rahasia HP Samsung

Cara selanjutnya untuk mengetahui tipe HP Samsung adalah dengan menggunakan kode rahasia. Tidak banyak orang tahu, bahwa HP Samsung memiliki kode-kode rahasia yang dapat digunakan sebagai shortcut. Kode-kode ini mirip seperti jalan pintas atau shortcut pada komputer.

Kode rahasia untuk cek tipe HP Samsung ini terbatas, hanya ada HP Samsung saja. Kamu mungkin dapat menerapkannya di HP merek lain, tapi mungkin juga tidak. Kodenya yaitu melalui menu *#1234#, lalu tekan tombol dial. Maka, layar akan menampilkan info dasar mengenai HP Samsung kamu, termasuk tipe atau jenisnya.

Menu Pengaturan

Menu Pengaturan HP Samsung

Menu setting atau pengaturan dapat juga memberikan informasi tentang informasi HP kamu. informasi tersebut ada pada pilihan menu About Device atau Tentang Perangkat. Caranya, masuk ke menu pengaturan (simbol ikon roda bergerigi) dari daftar aplikasi di HP kamu.

Pilihlah menu System > About Device. Maka layar akan menampilkan info dasar mengenai HP kamu, mulai dari nama, merek dan tipe HP, hingga nomor IMEI HP.

Sedangkan untuk mengakses spesifikasi seperti RAM dan memorinya, kamu dapat mengecek menu Aplikasi berjalan atau Penyimpanan. Cara ini juga dapat digunakan untuk berbagai tipe HP Samsung, termasuk untuk cek HP Samsung J5 atau cek HP Samsung J2 Prime.

Website IMEI.Info

Untuk cara cek tahun keluaran HP Samsung, kamu juga dapat menggunakan fasilitas dari website IMEI.info. Namun, sebelumnya kamu harus tahu berapa nomor IMEI HP Samsung terlebih dahulu.

IMEI

Lalu, apa itu IMEI?

IMEI merupakan singkatan dari International Mobile Equipment Identity, atau istilah mudahnya seperti nomor KTP untuk HP. Setiap HP memiliki IMEI yang berbeda (tepatnya, setiap slot SIM CARD). Jadi, kalau HP Samsung kamu mengakomodir dual sim card, ia akan memiliki 2 nomor IMEI.

Untuk mengetahui nomor IMEI, kamu dapat melihatnya pada menu Pengaturan HP. selain itu, kamu dapat menggunakan cara lebih mudah yaitu dengan kode rahasia *#06# dan tekan tombol dial. Layar akan menampilkan nomor IMEI dari HP Samsung kamu. Catat nomor tersebut lalu masuk ke website IMEI. Masukkan nomor IMEI yang sudah kamu catat lalu tekan tombol CHECK.

Tunggulah sebentar, layar akan menampilkan hasil pengecekan dari database IMEI secara internasional. Data yang tersedia sangat lengkap, tidak hanya menampilkan merek dan tipe HP, tapi juga spesifikasi dan tahun keluaran.

Aplikasi Cek HP

Cara lain untuk mengecek merek, jenis, dan spesifikasi HP secara lengkap, selain dari IMEI, adalah dengan menginstal aplikasi tambahan. Ada banyak aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk mengecek tipe dan spesifikasi HP. Diantaranya yang paling sering digunakan adalah CPU-Z.

Setelah meng-install CPU-Z, buka aplikasi tersebut langsung dari layar kamu. Ada beberapa pilihan tab, pilih tab Device untuk menampilkan info perangkat HP Samsung. Kamu juga dapat melihat info sistem, termasuk penggunaan RAM, ROM, dan lain-lain. Cukup pilih tab yang berbeda untuk mengakses info lain tersebut.

Aplikasi lain yang dapat kamu unduh dan gunakan untuk mengecek tipe HP kamu yaitu:

  1. Device Info HW
  2. AIDA64
  3. Devcheck Hardware and System

Cara-cara mengecek HP Samsung tersebut dapat digunakan untuk semua jenis HP Samsung. Saat ini, smartphone Samsung memang banyak menjadi produk unggulan HP untuk banyak kalangan. Fitur yang lengkap dan harga yang terjangkau juga menjadi alasan HP ini menjadi pilihan utama saat ingin membeli HP. 

Buat kamu Sahabat Telunjuk, kamu bisa bandingkan harga HP Samsung antar toko-toko online, dan dapatkan harga terbaik versi kamu! Berbagai promo juga bisa kamu dapatkan di berbagai toko online. Tetap up to date dan hemat bareng Telunjuk yuk!

Artikel Terkait

Sponsored

Artikel Terpopuler

Sponsored