6 Smartphone Non-Phablet yang Cocok untuk Kamu!

Oleh Nabilla Aidid @arsenails

Apr 30, 2015

Tren smartphone saat ini sepertinya lebih mengarah ke phone-tablet atau phablet, yaitu smartphone dengan rentang layar lebih besar dari 5 inci. Pertimbangan orang memilih phablet jelas berbeda-beda, tetapi semuanya pasti berdasarkan kenyamanan visual. Layar lebih lebar berarti resolusi yang lebih besar, warna yang lebih banyak dan tajam, gambar yang lebih jelas. Namun tidak enaknya layar besar adalah HP-mu akan memakan banyak tempat baik di tas maupun di saku celana. Definisi "telepon genggam" pun jadi bergeser karena untuk mengoperasikan phablet membutuhkan dua tangan. Nah, ternyata masih banyak yang mencari HP dengan layar standar di bawah 5 inci. Mereka merasa layar kecil lebih ergonomis dan nyaman di genggaman, praktis, dan efisien ruang. Banyak juga kok smartphone berlayar kecil yang memiliki spesifikasi kecanggihan setara dengan yang layar besar. Beberapa bahkan dari brand-brand papan atas. Apa saja mereka? Ayo kita lihat.

1. Nokia Lumia

Tidak hanya warna-warni Lumia yang membuatnya tampak mencolok. Sebagai salah satu andalan Nokia sebelum diakuisisi Microsoft, Lumia 635 didukung prosesor handal quad-core, RAM 1GB, dan memori internal sampai 8GB, serta sudah bisa terhubung jaringan 4G. Semua cukup dengan layar 4.5 inci saja.

2. HTC One

Yang usianya paling tua di daftar ini, saat ini sudah ada dua smartphone HTC One yang lebih baru. Tetapi salah satu alasan kenapa M7 masih layak jadi perhitungan adalah resolusi gila-gilaan (469 ppi) untuk layar hanya 4.7 inci, serta prosesor quad-core papan atas, ditambah mampu menunjang jaringan 4G!

3. Motorola Moto

Bisa dibilang benchmark smartphone pra-phablet pada saat rilisnya dua tahun lalu. Jadi favorit karena kesederhanaannya, tetapi memiliki spesifikasi yang mumpuni. Di balik layar 4.5 incinya ada prosesor quad-core 1.2 GHz serta memori internal sampai 16GB.

4. Samsung Galaxy

Varian Samsung Galaxy cukup beragam, dan kamu bisa pilih sesuai kebutuhan dan keinginan kamu. Galaxy Alpha adalah salah satu rilisan premium Samsung yang berada di bawah bayang-bayang Galaxy S, tetapi tidak kalah dari performa dan spare partnya. Layar 4.7 inci, jaringan 4G LTE, prosesor quad-core 1.8 GHz, memori internal 32 GB, RAM 2 GB, kamera 12 MPx.

5. Sony Xperia

Ini mungkin satu-satunya HP di daftar ini yang dirilis hanya untuk mengakomodir permintaan penggemar Sony Xperia yang menginginkan layar yang lebih pas. Z3 Compact adalah Z3, tetapi diperkecil saja dari 5.2 menjadi 4.6 inci. Fitur super canggihnya sama persis. Body anti air, prosesor quad-core 2.5 GHz, kamera 20.7 MPx, RAM 2 GB!

6. Apple iPhone

Apple memang tidak pernah merambah pasar phablet sebelumnya (kecuali menelepon dengan iPad masuk hitungan), meskipun dimensi iPhone semakin membesar seiring muncul seri terbarunya. 6 Plus (5.5 inci) sudah jelas masuk kategori phablet, tetapi kembarannya yang lebih sederhana (4.7 inci) masih bisa jadi pilihan.

Kata siapa ditengah gempuran HP phablet, tidak ada smartphone di bawah 5 inci yang oke? Daftar di atas membuktikan bahwa tampilan boleh mungil, tetapi onderdil dan performa tetap nomor satu. Jelas smartphone non-phablet bukan hanya enam yang Lulu sebutkan di atas. Masih banyak yang lainnya. Kalau kamu mau browsing yang lain, klik saja tombol di bawah!

Artikel Terkait

Artikel Populer

Artikel Terbaru