5 Smartphone yang Menandai Kebangkitan Nokia

Oleh Valerie Joan @Valejoan

Mar 22, 2018

article_image

Selama setahun terakhir, Nokia gencar mengeluarkan seri smartphone terbarunya di bawah rumah produksi HMD Global. Nokia yang dulunya merajai pasar telepon seluler dunia memang sempat “tenggelam” akibat popularitas Blackberry, Apple, dan Samsung.

Sekarang produsen handphone asal Finlandia ini mulai mengejar ketertinggalannya di industri smartphone. Bahkan menurut Counterpoint Research, jumlah penjualan Nokia perkuartal terus meningkat hingga pada akhir 2017 Nokia berhasil menempati posisi ke-11 di pasar global, lebih tinggi daripada produsen smartphone kawakan lainnya seperti Lenovo, Sony, dan Asus.

Apa saja yang sudah diluncurkan Nokia hingga bisa menempati posisi tersebut? Banyak juga lho, diantaranya ada...

1. Nokia 3

Nokia 3 sudah meluncur ke pasaran sejak bulan 2017. Dari sisi luar, Nokia 3 dirancang dengan bodi berbahan polikarbonat dengan pinggiran aluminium. Nokia 3 dibekali dengan layar Corning Gorilla Glass sebesar 5 inci. Udah kuat dari sananya, jadi kamu nggak perlu beli tempered glass tambahan. Dari dalam, Nokia 3 dilengkapi dengan Android Nougat dan Goole Service. Buat foto-foto, Nokia 3 juga punya kamera 8MP Auto Focus. Dengan kapasitas penyimpanan 16GB plus tambahan eksternal hingga 256GB, prosesor quad core 1.4 ghz dan RAM 2 GB, bisa dibilang, Nokia 3 solusi buat kamu yg mau smartphone mumpuni dengan budget pas-pasan!

2. Nokia 5

Masih dengan desain minimalis, bodi Nokia 5 terbuat dari aluminium tanpa sambungan. Sama seperti adiknya, Nokia 5 juga punya layar Corning Gorilla Glass sebesar 5,2 inci yang tahan goresan. Untuk menjalankan aplikasi sehari-hari, performance smartphone ini lebih dari cukup karena sudah memiliki processor Cortex-A53 yang memiliki 8 inti (Octa core) berkecepatan 1.4 GHz serta RAM 2 GB. Resolusi kameranya juga lumayan banget loh, 13MP Autofocus + 8MP. Oh iya, Nokia 5 ini sudah dilengkapi dengan sensor fingerprint dan memori internal 16Gb + eksternal 128Gb. Kamu cukup merogoh kocek sekitar 2,8 jutaan untuk bawa pulang smartphone ini. Banyak yang bilang kalau spesifikasi dari Nokia 5 ini agak tanggung, tinggal nambahin ‘dikit lagi, udah bisa dapat Nokia 6 yang bakal kita bahas di bawah ini.

3. Nokia 6

Nokia 3, Nokia 5, dan Nokia 6 memang dirilis hampir berbarengan. Dari ketiga smartphone ini, Nokia 6 punya spec yang paling tinggi. Chipsetnya didukung dengan Snapdragon 430 dan CPU octa-core. Untuk memastikan kelancaran penggunaannya, Nokia 6 dibekali dengan RAM 3Gb dan memori internal 32Gb. Sama seperti adik-adiknya, layar Nokia 6 juga terbuat dari Corning Gorilla Glass Full HD sebesar 5.5 inch dengan sensor fingerprint. Resolusi kamera belakangnya 16MP dan 8MP di bagian depan. Nokia 6 sudah tersedia di Indonesia sejak Oktober 2017, kamu bisa dapetin dengan harga sekitar 3,2 jutaan. Ada 4 warna keren yang bisa kamu pilih!

4. Nokia 8

Nokia 8 baru aja diluncurkan pada 13 Februari 2017. Memang sih, beritanya nggak serame peluncuran smartphone baru Samsung atau Xiaomi, tapi kemampuannya nggak bisa diremehin. Smartphone premium class ini dibekali dengan spesifikasi tingkat tinggi. Nokia 8 ini dilengkapi dengan Snapdragon 835, RAM 4Gb, dan memory internal sebesar 64Gb. Bekerjasama dengan Zeiss, Nokia 8 dibekali dengan kamera belakang lensa ganda 13 MP dan kamera depan lensa tunggal dengan resolusi yang sama. Lewat smartphone ini, Nokia juga memperkenalkan yang namanya Dual Sight. Apa itu? Dual Sight memungkinkan kamu menggunakan kamera depan dan belakang dalam waktu yang bersamaan untuk foto dan video layar terpisah. Bodinya gimana? Cantik banget! Dikutip dari website resminya, untuk membuat sebatang Nokia 8, produksinya harus melalui 40 tahap machining, anodizing, dan polishing bodi tunggal aluminium yang hasil akhirnya memastikan kenyamanan di genggaman tanganmu. Untuk harga, Nokia 8 dibanderol sekitar 6 jutaan. Oh iya, Nokia 8 juga bakal ada versi lain yang lebih keren lagi lho, yaitu Nokia 8 Sirocco. Tunggu ulasan di artikel mendatang ya!

5. Nokia 8810

Sahabat Telunjuk masih ingat sama Nokia “Pisang”? Ya! Hp Nokia jadul yang sempat ngetop gara-gara dipakai sama Keanu Reeves di film The Matrix tahun 1999 ini diluncurkan kembali di Mobile World Congress 2018 dan akan tersedia di pasaran mulai Mei 2018. Tampilan luar handphone ini sama seperti versi lamanya, untuk mengangkat dan menutup panggilan juga dengan cara yang sama, yaitu membuka/tutup sliding cover-nya. Yang baru adalah sistem operasinya sudah diupdate sehingga penggunanya bisa mendownload aplikasi dan menikmati jaringan 4G. Menurut situs de Zeen, baterai hp ini bakal awet sampai maksimal 25 hari!

Kelihatan kan kalau si mantan raja telepon seluler sudah bangkit kembali. Smartphone keluarannya juga bervariasi, kualitasnya udah teruji. Pilihannya bisa disesuaikan dengan isi kantong. Gimana? Udah siap bernostalgia dengan Nokia?

Artikel Terkait

Artikel Populer

Artikel Terbaru