5 Merk Harddisk Terbaik Lengkap Dengan Spesifikasi yang Dibawanya

Valerie Joan @Valejoan

Aug 19, 2019

30 dilihat

article_image

Apakah saat ini kamu sedang mencari artikel yang mereview tentang harddisk eksternal terbaik? Jika iya, kamu berada pada posisi yang tepat. Karena artikel ini akan memberi ulasan mengenai beberapa merk harddisk eksternal terbaik untuk media penyimpan. Namun sebelum masuk ke pembahasan inti, mari kita ketahui terlebih dahulu tentang pengertian dari harddisk eksternal.  

Harddisk eksternal adalah media penyimpanan data untuk komputer, PC dan laptop dengan kapasitas super besar. Perangkat ini memungkinkan kamu untuk menyimpan beragam file seperti dokumen, gambar, musik dan sebagainya. Harddisk eksternal juga dikenal sebagai tangan kedua saat harddisk utama rusak atau error.

Merk Harddisk Terbaik yang Ada Di Pasaran

Tak usah berlama-lama, simak ulasan mengenai beberapa merk harddisk eksternal terbaik 2019. Lengkap dengan spesifikasi terbaiknya. Dimulai dari merk Seagate.

1.Seagate 

hardisk seagate

Photo source : bhinneka

Harddisk eksternal seagate lahir dari pabrikan asal Amerika Serikat yang namanya mulai banyak diperhitungkan. Harddisk yang satu ini tergolong mumpuni untuk membackup penyimpanan dengan kapasitas ruang hingga 4TB. Oleh induk pembuatnya Ia dirancang dengan tubuh yang ramping namun memiliki kinerja yang cukup tinggi.

Harddisk seagate terdiri dari berbagai macam model seperti Wireless Plus Mobile Storage, Backup Plus Slim Portable Drive dan Backup Plus Fast Portable Drive. Untuk masalah harga berkisar antara IDR 600.000 hingga 800.000 ribuan tergantung pada jenis dan modelnya. Jika kamu mencari dan ingin membeli harddisk ini, kamu dapat mencarinya di telunjuk.com. Diurutan kedua ada harddisk merk Buffalo Inc. yang juga terkenal canggih dari segi kapasitas.

Cek Harga Hardisk Seagate

2.Buffalo 

hardisk buffalo

Photo source : buffalotech

Di urutan kedua, ada harddisk eksternal yang berasal dari pabrikan Melco Holding yang diberi nama Buffalo Inc. Dulunya, ia merupakan sebuah pabrik yang memproduksi berbagai peralatan audio yang bertempat di Jepang. Seiring dengan naiknya kebutuhan konsumen akan penggunaan perangkat ini, pabrik tersebut kemudian memproduksi harddisk eksternal.

Harddisk eksternal Buffalo Inc dikenal memiliki kapasitas mumpuni dan tergolong sebagai 5 harddisk eksternal tahan banting. Ia memiliki kapasitas penyimpanan hingga 2 TB dengan bonus garansi pabrik selama tiga tahun. Salah satu merk harddisk eksternal dari Buffalo Inc adalah Buffalo HD-PZFU3 1TB. Harga harddisk ini sendiri berada di kisaran harga IDR 800.000 ribuan saja. Yang ketiga ada harddisk dari pabrikan Western Digital (WD).

3. Western Digital (WD)  

hardisk western digital

Photo source : blibli

Jika ditanya soal merk harddisk eksternal ternama di dunia, kami akan menjawab Western Digital (WD). Harddisk eksternal yang satu ini memiliki tiga merk unggulan yaitu My Passport Ultra Metal, harddisk portabel dan WD Elements Portable. Ketiganya memiliki kapasitas penyimpanan hingga 2TB dengan fitur lengkap seperti cadangan cloud, dan enkripsi kata dan USB.

Harddisk eksternal Western Digital (WD) menjadi salah satu terobosan terbaik untuk kamu yang membutuhkan ruang cadangan penyimpanan yang luas. Ia juga memiliki daya pengiriman data super kencang dengan penggunaan USB USB 3.0. Meski demikian, harddisk yang satu ini tergolong mudah patah ketika terjatuh, karena ia tidak tahan banting. Untuk harga sendiri, harddisk ini dibanderol dengan harga IDR 500.000 ribuan saja. Jika kamu tertarik dan berminat untuk membeli harddisk ini,kamu bisa mencarinya di telunjuk.com

Cek Harga Harddisk Western Digital

 

4. Harddisk eksternal Pabrikan LG 

hardisk lg

Photo source : lg.com

Seberapa kenal ada dengan alat-alat elektronik yang diproduksi oleh LG? Atau Anda salah satu pelanggannya. Nah, jika LG adalah merk kepercayaan berbagai alat elektronik di rumah Anda, maka untuk memilih harddisk Anda juga bisa mempercayakan kepada LG. Pabrikan alat elektronik terbesar di dunia ini memiliki berbagai macam merk harddisk dengan kapasitas mumpuni.

Salah satu Harddisk dari pabrikan LG yang baru-baru ini diperkenalkan ke publik adalah LG XD5. Ia memiliki kapasitas penyimpanan sekitar 500GB dengan ukuran sekitar 2,5 inch. LG XD5 memiliki performa semakin mantap dengan mengusung port USD 3.0. kapasitas yang memungkinkan Anda untuk mengirim data dengan kecepatan tinggi.

Untuk masalah harga, LG XD5 membanderol diatas 3 harga harddisk eksternal 250 yaitu sekitar IDR 800.000 ribu rupiah. Harga yang tergolong murah untuk kapasitas yang baik. Kalau kamu tertarik dan ingin mencari harddisk ini, kamu bisa mencarinya telunjuk.com. Di urutan terakhir ada harddisk dari pabrikan elektronik Sony.

Cek Harga Harddisk Lg

5. Harddisk eksternal pabrikan Sony 

harddisk sony

Photo source : amazon

Tak hanya unggul dalam segi pembuatan alat elektronik, Sony kini juga mulai membuat berbagai macam merk harddisk. Beberapa merk unggulannya seperti seri HD-SG5/B, HD-EG5, HD-E2/L dan HD-E1/B. Hard disk buatan Sony berkapasitas mulai dari 500 GB hingga 2 TB dengan kecepatan USB 3.0. salah satu merk harddisk eksternal terbaik dari Sony adalah Sony HD-B1 1TB.

Sony HD-B1 1TB dirancang untuk memiliki keakuratan dalam penyimpanan dan berbagi data tercepat di kelasnya. Kecepatan pengiriman dari perangkat ini mencapai hingga 5 GB/ s dengan ukuran sekitar yang tergolong kecil. Harddisk eksternal ini juga telah di bekali dengan port USB 3.0 serta spesifikasi pendukung lainnya. Untuk harga harddisk ini sendiri kamu bisa mendapatkan harga di kisaran harga IDR 900.000 ribuan saja. Jika kamu tertarik untuk membeli harddisk ini, kamu bisa mencarinya di telunjuk.com

Cek Harga Hardisk Sony

Cara Menyambungkan Harddisk ke PC

Setelah mengetahui tentang merk dan spesifikasi harddisk eksternal terbaik, kini kita berlanjut ke pembahasan cara menyambungkan harddisk eksternal ke perangkat PC atau komputer. Berikut langkah-langkahnya.

1. Dengan menggunakan USB

Cara yang satu ini cukup umumnya ya dilakukan untuk masalah penyambungan data, cara penggunaannya juga tergolong mudah. Kamu hanya perlu menghubungkan harddisk ke komputer atau PC, maka secara otomatis perangkat Anda dapat mendeteksi dengan sendirinya. Selain menggunakan USB ada cara lain yaitu dengan Wireless.

2. Sambungan otomatis atau Wireless

Sambungan ini tergolong modern lantaran tak membutuhkan perangkat lain seperti kabel. Sambungan Wireless akan memprediksi perangkat pada PC Anda secara otomatis. Selain itu, ada alat sambung lain yang diberi nama FireWire dan SATA dimana keduanya memiliki kapasitas pengiriman super cepat. Terakhir ada eSATA juga dikenal memiliki daya pengiriman yang lumayan cepat.

Kesimpulan.

Harddisk eksternal adalah media penyimpanan cadangan yang membantu kamu untuk menyimpan file dengan jumlah besar. Perangkat ini memungkinkan kamu untuk menyimpan berbagai jenis file seperti dokumen, foto, musik dan video. Harddisk eksternal juga sering digunakan sebagai alat untuk saling berbagi data dengan ukuran yang lumayan besar.

Saat ini, harddisk eksternal kian banyak bermunculan dengan berbagai merk harddisk eksternal dengan spesifikasi tertentu. Harga yang ditawarkan pun juga beragam, mulai dari yang paling murah hingga paling mahal yang tembus harga hingga jutaan rupiah. Harddisk eksternal murah atau mahal sebenarnya sama saja jika merk tidak memiliki kapasitas penyimpanan yang baik.

Ada berbagai merk harddisk eksternal terbaik yang kini ada di pasaran, mereka adalah Seagate,buffalo inc dan sony. Kelima harddisk eksternal terbaru di 2019 tersebut tergolong murah dibalik spesifikasi mumpuni yang dibawanya. Anda tinggal memilih jenis harddisk dan merk seperti apa yang sesuai dengan kebutuhan kamu saat ini.

Selain tersedia dalam berbagai merk, berbagai macam harddisk eksternal ini juga sangat mudah dalam segi penggunaan. Setidaknya kamu hanya perlu menggunakan berbagai macam perangkat seperti USB , sistem Wireless dan berbagai perangkat pendukung lainnya.

Untuk kamu yang ingin mencari merk harddisk eksternal terbaik, kami sarankan untuk mengunjungi situs telunjuk.com untuk mendapat penawaran harga terbaik. Demikian ulasan mengenai harddisk eksternal yang bisa kami bagikan, sumber referensi ini hanya sebagian kecil saja karena masih ada banyak merk terbaik di luar sana yang juga memiliki kualitas baik.

editor : hilman wibisono

Promo 12.12

PROMO 12.12