5 Kegunaan Drones yang Konyol dan Inovatif (Selain Bisa Pizza Delivery)

Oleh Nabilla Aidid @arsenails

Jan 27, 2017

Tahun lalu kita dikagetkan dengan berbagai kegunaan drone yang terlalu konyol, lucu, tapi juga inovatif. Kemunculan drone, yang sering juga disebut sebagai quadcopter cukup membuat kita geleng kepala. Soalnya, barang ini terbukti bermanfaat yang cukup versatile untuk digunakan di berbagai aktivitas. Lazimnya, drones dimanfaatkan sama film maker, videographer, dan director dalam pembuatan video. Youtuber anyar seperti Casey Neistat pun mempunyai sederatan video viral yang melibatkan drone sebagai salah satu alat film making-nya. Well, kaya video Casey akhir tahun lalu "Human Flying Drone", dimana kamu bisa menonton manusia terbang. Ya, terbang, berkat bantuan drone. 

Intinya, drone bisa digunain untuk macem-macem nih, nganterin makanan juga bisa banget. Kaya "Domicopter" punya Domino's Pizza yang pada iklannya memperlihatkan bagaimana mereka bisa nganter pizza ke depan rumah. Oh well, kegunaan drone nggak berenti sampe di situ aja. Ada banyak kegunaan lain yang nggak kalah konyol, lucu, berbahaya, sekaligus inovatif terjadi di berbagai belahan dunia. Terus, aksi apa aja yang berhasil dilakukan manusia dan drone? Cek daftarnya di bawah ini:

Nganter Produk & Makanan

Tadi udah disebutin kalo ada 'Domicopter' yang bisa nganterin pizza ke rumah keluaran dari Domino's Pizza. Tapi, usut punya usut, pizza delivery via drone ini ilegal di US (hihihi). Selain Domino's, juga ada Amazon. Pernah denger Amazon Prime Air? Sistem pengiriman via udara oleh Amazon menggunakan drone yang menjanjikan produk sampe di depan rumah kurang dari 30 menit. Sekarang, sistem Amazon Prime Air baru ada di Amerika Serikat, Inggris Raya, Australia, sama Israel aja. Bisa nganterin barang-barang berukuran compact dalam sekejap. Hmm, ajiib!

Pengiriman produk pake drone juga dilakukan sama FlowerDeliveryExpress.com lho, Sahabat Telunjuk.com. Satu e-commerce yang jualan bunga di Michigan, Amerika Serikat berhasil ngirim bunga pake drone untuk pertama kali Februari 2014 lalu. Terus, drone juga bisa dimanfaatin untuk nganter londri-an. Seperti yang dilakukan sama sebuah penyedia londri di Philadelphia, Amerika Serikat. Hmm, ada-ada aja?! Bisa nganter pizza, bunga, sama londri. Kira-kira nanti bisa dipake buat apa lagi ya?

Buat Nemenin Ngelamar Pacar

Di sebuah video yang diunggah Youtuber bernama Chris Geiger, cowok bernama Jason melamar pacarnya Christina di Alamo Square, San Francisco, Amerika Serikat 2013 silam. Kedoknya sih, Jason mau ngajak Christina foto-foto cantik aja, eh tiba-tiba ada drone dateng nyamperin. Nah, pas itu tuh, Jason ngambil cincin yang dibawa sama drone dan ngelamar pacar tercinta. Kalo udah gitu, ya pasti diterima lah! Gimana? Pengen lamaran kamu pengen diterima juga nggak? Beli drone dulu!

Nyelundupin Obat-obatan

Kalo yang ini nggak boleh ditiru ya, guys! Dilaporkan sama digitaltrends.com, sebuah drone berhenti di salah satu parkiran di Tijuana ngebawa crystal meth, beratnya hampir 3 kilo malah. Ckckck, emang pada dasarnya drone bisa dimanfaatin buat berbagai hal sih, tapi nggak buat nyelundupin narkoba jugaaaak hahaha.

Mantau Badai dan Angin Topan

Sebuah proyek hasil kolaborasi epik antara NASA, National Oceanic & Atmosphere Administration (NOAA), dan Northrop Grumman dibuat untuk memprediksi datangnya angin topan yang suka memporak-poranda wilayah Amerika Serikat. Nah, proyek yang dikomandoi oleh Scott Braun dari NASA yang menggunakan drone tersebar di berbagai wilayah berangin Amerika Serikat, terbang hingga 17.700 km dengan ketinggian 35 meter selama 30 jam. Mengadaptasi metode penangkapan gerbong narkoba, Scott Braun mengatakan jika "If you drove by a drug dealer's house, you wouldn't catch him; but if you stood there all day, you might." Yang artinya dalam proyek ini, drone yang terbang selama 30 jam tersebut diharapkan bisa memberikan peringatan dan insight soal angin topan atau badai yang mungkin melanda.

 

Nakut-nakutin Hewan Langka

Drone udah dilarang di berbagai wilayah dan daerah di Amerika Serikat nih, guys. Salah satunya di Taman Nasional. Kenapa? Soalnya suatu hari ada manusia laki-laki iseng yang menggunakan drone untuk nakut-nakutin hewan langka yaitu Bighorn Sheep di Taman Nasional di Zion, Amerika Serikat. Hewan langka adalah hewan yang dilindungi, sob. So, tindakan tersebut bisa digolongkan sebagai tindakan melawan hukum. 

Masih ada banyak kelakukan konyol orang-orang pake drone yang mengundang tawa, geleng kepala, sama viralitas. Ada juga yang berhasil mendapatkan pundi-pundi uang seperti ulah Casey Neistat (yang dasarnya emang udah jago banget bikin video sebagai youtuber & film maker). Tapi, semuanya itu dimulai dengan punya drone dulu. Kamu udah punya drone belom? Kalo belom, kami rekomendasiin drone DJI Phatom 4 Pro, drone paling hits dan populer di kalangan blogger, youtuber, dan lainnya. DJI Phantom 4 Pro ini merupakan penyempurnaan dari seri sebelumnya dan brand-nya, DJI, dinilai sebagai salah satu produsen drone terbaik di dunia. Oh iya, kalo kamu selama ini sebel karena harga drone yang mahal, PlazaKamera menjual harga terbaik DJI Phantom 4 Pro di harga 23 jutaan aja, lho. 

 

DJI Phantom 4 Pro

 

 

Artikel Terkait

Artikel Populer

Artikel Terbaru