3 Jenis Kamera Digital yang Perlu Dipahami Oleh Setiap Fotografer Amatir

Oleh Nabilla Aidid @arsenails

Nov 23, 2016

Kamera digital memberikan hasil intan, lebih mudah digunakan dan berperan penting dalam menyimpan momen penting. Terlepas dari kebutuhan yang kamu miliki, bisa jadi mencari kamera untuk dibawa liburan, memiliki kamera full-combat seperti DSLR untuk memuaskan hasrat akan fotografi, atau sekedar untuk mengambil foto, pasar menawarkan koleksi yang luas dan mempunyai ribuan jenis dan model untuk kamu pilih. Kalau kamu bingung menentukan kamera jenis apa yang cocok buat dimiliki, pahami perbedaan 3 jenis kamera digital (dasar) sebelum membeli di bawah ini.

1. Kamera Saku/Compact Camera

Kamera compact adalah jenis kamera paling populer saat ini, dan bisa dipastikan jika hampir seluruh merek besar seperti Canon dan Nikon mempunyai versi kamera compact masing-masing. Body-nya handy, kecil, mudah dipegang dan digunakan, dan biasanya sudah dilengkapi dengan fitur pengaturan otomatis untuk memfasilitasi kamu mengambil gambar dengan distorsi minim. Model yang tersedia di pasaran pun beragam, kamu bisa menemukan model yang murah dengan desain cheerful mulai dari 500 ribuan hingga fine selection seperti Panasonic LX 100, Sony RX100, dan Fuji X70 yang harganya menyentuh belasan juta rupiah. Jenis kamera ini banyak dipilih oleh pengguna yang membutuhkan kamera untuk memetik foto. Oleh karena itu terdapat pengaturan otomatis dan seringkali datang dengan fitur standar namun memiliki mobilitas tinggi. Cocok untuk kamu yang suka foto aktifitas sehari-hari dan tidak mau repot.

2. Kamera DSLR

DSLR merupakan kepanjangan dari Digital Single-Lens Reflex. Jenis ini merupakan kamera performa tinggi yang sering menjadi senjata pamungkas baik para fotografer profesional maupun mereka yang bergelut di dunia fotografi. Kamera DSLR menawarkan fitur kontrol dan pengaturan yang dinamis, serta adaptable dengan perangkat lain seperti pergantian lensa dan lampu flash. Intinya, jenis ini memiliki fleksibilitas tinggi, upgradable, mempunyai kinerja dan kualitas gambar lebih baik dibanding jenis lain. Jika kamu menginginkan gambar seelok yang kamu lihat di majalah-majalah, jawabannya adalah DSLR. Harga yang ditawarkan jenis ini relatif kompetitif mulai dari 4 jutaan dan keatas dan tergolong mahal untuk pemula. Dari TechRadar, Canon EOS 5D merupakan yang terbaik dan dapat kamu miliki mulai dari 49 jutaan.

3. Kamera Bridge/Prosumer Digital

Bridge CDC (Compact Digital Camera) merupakan pilihan terbaik jika kamu menginginkan mobilitas tinggi kamera pocket, fleksiblitas, kinerja, dan kualitas gambar sebagus kamera DSLR. Disebut "bridge", serta merta karena kemampuannya untuk menjembatani pengguna kamera dengan fitur dan kualitas terbaik di 2 jenis kamera sebelumnya. Biasanya, jenis ini menawarkan kontrol manual seperti shutter speed, aperture, ISO sensitivity, dan long zoom. Untuk harga? Well, walaupun mereka tergolong kamera saku yang mobile, harganya relatif kompetitif namun tak semahal DSLR. Jenis Bridge berkualitas bagus dapat kamu temukan dalam seri COOLPIX dari Nikon seperti Coolpix B700, P900, A900 dan banyak lagi. Rekomendasi Lulu adalah Coolpix P900 denga harga mulai dari 7,3 jutaan.

Kini, kamu sudah mengerti perbedaan, persamaan, kelebihan, dan kekurangan yang dimiliki oleh tiap-tiap jenis. Saatnya windows shopping dan intip apa yang ada di pasaran dengan klik tombol di bawah ini karena kami sudah menyiapkan koleksi terbaik dengan harga kompetitif yang tersedia di ratusan e-commerce terpercaya.

Artikel Terkait

Artikel Populer

Artikel Terbaru