Hal Ini Hanya Terjadi di Pabrik Levi's, 7 Fakta Unik Seputar Jeans Kesayanganmu

Oleh Nabilla Aidid @arsenails

Nov 23, 2015

Folks, berbicara seputar kecantikan, sukar dipisahkan dengan fesyen. Diskusi seputar fesyen, kerap dikaitkan dengan celana jeans. Jeans, yang sering juga kamu sebut levi's, datang dari sang pioneer, perusahaan Levi Strauss (kini Levi Strauss & Co) pada 1853. Bawahan yang aslinya digunakan oleh para buruh ini menjelma menjadi ikon fesyen global. Nyaman dipakai, serta trendy untuk digunakan, apakah kamu mengetahui seluk beluk dan fakta menarik seputar Levi's mu? Gunakan jeans kesayanganmu dan ketahui fakta menariknya yang kita rangkum dari New York Times.

1. Memproduksi lebih dari 100 juta celana per tahun

Yep, dan yang lebih hebatnya lagi 100 juta celana tersebut diproduksi dalam berbagai warna dan gaya. Levi's sendiri tidak menyebutkan berapa jumlah varian yang dimiliki, namun yang jelas revenue yang dihasilkan pada 2014, melebihi angka $ 4 billion.

2. Memiliki Lab Eureka

Dibuka pada 2013 silam, lab ini adalah dimana para mad scientist Levi's berdomisili. Dideskripsikan sebagai pusat syaraf dari inovasi-inovasi Levi's. Lab tersebut melahirkan beragam ide yang selanjutnya akan dicoba, diproduksi, dan hingga akhirnya diimplementasikan dalam bentuk celana jeans. Dengan adanya Eureka, para designer dapat berkreasi dan mencoba inovasi dengan leluasa.

3. Eureka dihuni oleh 27 staffs (dan 4 member tambahan)

Jika selama ini kamu berfikir hanya mesin yang terlibat dalam pembuatan jeansmu, maka kamu keliru selama ini. Eureka didukung oleh setidaknya 27 staff yang terlibat dalam proses keseluruhan pembuatan celana jeans. Hal menariknya adalah para staff tersebut datang dari latar belakang unik seperti pekerja pabrik permen hingga pengoles furnitur.

4. Pewarnaan jeans menggunakan enzim dan batu

Well, pewarnaan tidak sepenuhnya menggunakan enzim dan batu. Sebelum masuk ke mesin cuci, jeans disemprotkan cat warna khas jeans, dikeringkan dan siap lanjut ke langkah selanjutnya. Pada mesin cuci, jeans dicuci bersama solusi enzim dan batu peransang warna serta gas ozon. Kombinasi ketiganya akan menimbulkan kesan jeans bekas pakai atau "worn look".

5. Arsip Levi's dari masa ke masa tersimpan rapi

Sebuah bangsa yang besar adalah mereka yang mengenang jasa para pahlawannya. Hal ini pun berlaku pada perusahaan besar seperti Levi Strauss & Co. Perusahaan ini menyimpan dengan rapi dan aman jeans-jeans legendaris mereka yang diproduksi sejak abad 19. Para mad scientist seringkali menilik model orisinil dan mencoba menciptakan replika atau mencontek beberapa signature look yang ada. WOW!

6. Penggunaan GoPro dalam perekaman video panduan

Kamera GoPro terpasang hampir di setiap sudut Lab Eureka. Pada satu proses pembuatan jeans model baru, setiap langkahnya direkam oleh kamera GoPro. Tiap-tiap potongan video lalu diedit dan dikemas sebagai video panduan (manual) yang nantinya disebar ke seluruh pabrik besar Levi's di seluruh dunia.

7. Menggunakan laser untuk pemberian efek

Bukan hanya selfiemu saja yang perlu diberi efek, celana jeans pun juga. Penggunaan laser pada celana jeans bertujuan untuk mendapatkan efek terbakar atau "burn effect" dan memanipulasi mata dengan menghadirkan kesan vintage pada jeans baru. So that's why jeansmu terlihat vintage walaupun keluaran 2015.

Berikut fakta menarik yang terjadi pada pabrik Levi's dan proses manufakturnya. Pasti tidak terbesit sebelumnya jika ternyata Levi's menggunakan sinar laser dan batu dalam pembuatannya kan?

Artikel Terkait

Artikel Populer

Artikel Terbaru