LIVE Fashion Week Inspiration

Selamat Hari Batik Nasional! Ayo Peringati dengan Gunakan Batikmu.

Valerie Joan @Valejoan

Oct 02, 2019

article_image

Selamat Hari Batik Nasional! Tanggal 2 Oktober 2009 merupakan hari yang bersejarah untuk bidang fashion di Indonesia. Tanggal tersebut dipilih oleh UNESCO menjadi hari batik nasional dan membuat Indonesia secara resmi menjadi negara yang diakui memiliki batik sebagai warisan dunianya. Hal ini membuat pengakuan terhadap batik Indonesia, yang diakui oleh dunia internasional sebagai budaya yang berasal dari negara Indonesia. Pada tanggal ini biasanya Pemerintah menyarankan berbagai lapisan masyarakat seperti pejabat pemerintah, pegawai kantor dan pelajar untuk mengenakan batik. 

Batik sudah ada sejak lama saat zaman dahulu. Biasanya batik dibuat di atas kain untuk pakaian. Kegiatan membantik menggunakan alat yang bernama canting. Di pulau Jawa batik awalnya dilakukan oleh keraton dan juga keluarga pemerintah serta para pembesar kerajaan. Karena para pembesar banyak yang berasal dari luar kerajaan, batik pun dibawa keluar kerajaan. Setelah dibawa keluar kerajaan banyak yang mempraktekan batik dan membuat sesuai dengan tempat mereka serta kemampuan mereka masing-masing. Karena dibawa keluar oleh para pembesar, batik pun dibuat juga oleh rakyat biasa. Biasanya para kaum wanita dan ibu rumah tangga yang membuat batik untuk mengisi waktu luang mereka masing-masing.

Dalam membuat batik biasanya para pembuat menggunakan alat yang bernama canting. Canting merupakan alat yang digunakan untuk memindahkan atau mengambil cairan khas digunakan untuk membuat batik tulis. Canting digunakan sebagai alat penggambar motif batik yang sebelumnya telah digambar. Biasanya selain canting, alat yang digunakan sebagai cairan untuk membatik berasal dari tanaman khas yang ada di Indonesia seperti, soga, nila, tinggi, dan pohon mengkudu.

Saat ini batik sudah mempunyai berbagai macam motif dan corak. Selain itu batik juga memiliki warna yang menarik untuk digunakan dalam berbagai acara tertentu. Batik juga mempunyai 2 model, yaitu lengan pendek dan juga lengan panjang. Batik juga bisa dipadukan dengan berbagai macam jenis celana untuk pria seperti jeans,chinos dan celana lainnya. Sedangkan untuk wanita batik pun bisa dipadukan dengan celana bahan, rok ataupun jeans. Di Indonesia batik sangat banyak digunakan untuk acara-acara besar seperti kondangan, wisuda, pertemuan dan acara penting lainnya. Hari batik diperingati setiap tanggal 2 Oktober. Pada hari itu kita disarankan untuk mengenakan batik untuk memperingati. Namun sebaiknya kita tidak hanya mengenakan batik ketika saat hari peringatan saja. Karena batik bisa kita gunakan kapan saja dan untuk acara penting lainnya. Dengan menggunakan batik kamu juga berarti telah menghargai warisan dari budaya Indonesia.

Buat kamu yang ingin mengenakan batik, namun belum mempunyai batik. Jangan khawatir, kalian bisa mencari batik ini melalui telunjuk.com. Di telunjuk kalian bisa menemukan berbagai macam batik untuk pria maupun wanita dengan motif dan warna yang beragam. Harganya pun bervariatif, kalian juga bisa membandingkan harga-harganya dari satu toko dengan toko lainnya #TunjukdenganMudah Batik favoritmu di Telunjuk.com

Cek Harga Batik