Pahami 5 Genre Jam Tangan Pria dan Pilih Sesuai Kepribadianmu

Oleh Nabilla Aidid @arsenails

Nov 24, 2016

Jam tangan bukan hanya berfungsi sebagai penunjuk waktu, namun juga sebagai pelengkap gaya dan reflektor atas gaya hidupmu. Sebelum memilih genre yang pas, kamu perlu memahami proses apa yang terjadi di dalam kepingan jam dan bagaimana satu genre dapat membentuk vibe tertentu. Ya, setiap genre memiliki tempat sendiri dan inilah 5 genre jam tangan yang perlu kamu ketahui untuk bisa menggunakannya sesuai dengan situasi dan kondisi.

1. Diving Watch

Didesain khusus untuk berfungsi di kedalam air laut, karakteristik yang menonjol dari jam tangan menyelam terletak pada konstruksi kuat alias tahan bantik dan permukaan yang luminous. Dapat digunakan untuk menginformasi penggunanya seberapa dalam ia menyelam dan waktu yang tersisa. Kebanyakan jam tangan menyelam mengacu pada desain 1953 Rolex Submarine, jam tangan pertama yang berfungsi hingga kedalaman 100m. Mencari yang terbaik? Cari Omega Seamaster 300

2. Dress Watch

Jam tangan yang lebih mirip perhiasan, sebuah dress wacth sering disalahmengerti - pikirkan angka Roman, tampilan sederhana dengan sedikit ornamen. Biasanya dipasangkan dengan tali kulit, dress watch yang ideal memiliki tubuh supert-tipis dan pemakainya sering lupa jika sedang memakainya jamnya hingga ia menggulung lengan bajunya. Jam tangan genre ini tidak bekerja dengan bar spesifik untuk menunjukkan waktu, dan kebanyakan terbuat dari metal mewah seperti Blancpain Ultra-Slim di atas.

3. Aviator Watch

Awal muncul jam tangan kembali pada 1911 dimana Cartier menjadi pelopor di bawah komando pilot Alberto Santos Dumont, maka dari itu popularitas jam tangan aviator tetap menjadi favorit hingga sekarang. Fitur menonjol dari genre ini terletak pada bezel dan slide rule, dan Breitling's Navitimer yang bisa memberikan banyak informasi, berperan vital untuk para pilot zaman dulu sebelum adanya navigasi elektronik aviasi seperti sekarang. Kebanyak jam tangan aviator memiliki tampilan dalam hitam dengan penomoran dan dials jelas atau kontras, didesain untuk menonjol walaupun digunakan dalam kondisi gelap. Salah satu produk populer dari genre ini adalah Longines 24-Hours Single Push-Piece Chronograph.

4. Driving/Action Watch

Olahraga ekstrim yang melibatkan aktivitas terbang dan menyelum, mempunyai daya tarik maskulin tersendiri bagi para perusahaan pembuat jam tangan. Driving watch biasanya memiliki kompleksitas chronograph yang rumit, fitur stopwatch yang bermanfaat saat balap - dimana beberapa produknya, seperti Omega Speedmaster, mempunya "tachymeter" pada bezel-nya yang berfungsi untuk mengukur kecepatan. Salah satu driving watch yang on-demand adalah Tag Heuer Formula 1 Calibre 16 Chronograph 44mm.

5. Minimalist Watch

Buat mereka yang menyukai Mac dari Apple, sepeda keren, memerlukan waktu sendiri untuk menata rambut, jam tangan minimalis adalah alternatif terkini yang pas. Mengadaptasi desain sekolah seni dan desain terkenal asal Jerman, Bauhaus, jam tangan genre ini cenderung didukung oleh pergerakan Quartz, yang artinya kamu bisa mencari dan memilih jam tangan stylish di bawah 30 jutaan. Rekomendasi dari Lulu adalah Montblanc Meisterstuck Heritage Date Automatic.

Setelah mengetahu lima genre utama pada jam tangan, kini kamu bisa menentukan genre mana yang paling seseuai dengan kebutuhan dan kepribadian kamu dengan klik tombol di bawah ini.

Artikel Terkait

Artikel Populer

Artikel Terbaru