Mengenal 5 Jenis Hijab yang Terkenal di Dunia

Oleh Nabilla Aidid @arsenails

Nov 24, 2016

Menggunakan jilbab atau berhijab yang mengharuskan kaum wanita untuk menutup sebagian besar tubuhnya merupakan sebuah kewajiban dalam agama Islam. Pemakaian hijab pun beragam dari berbagai penjuru dunia. Mengutip dari liputan6.com, Lulu merangkum 5 jenis hijab yang populer digunakan oleh wanita muslim dunia yang bisa menjadi inspirasi kamu dalam ber-hijab.

1. Abaya

Sebuah jubah yang bentuknya mirip dengan baju kurung dengan jilbab lebar dan besar menutupi hampir seluruh tubuh. Biasanya, kamu akan menemukan muslimah menggunakan abaya berwarna hitam dan bisa juga berupa kain persegi yang disampirkan dari kepala atau bahu. Penggunaan abaya seringkali dipasangkan dengan cadar, sarung tangan, hingga kaus kaki berwarna senada yang awalnya dipakai oleh muslimah dari semenanjung Arab seperti Arab Saudi dan United Emirates Arab.

2. Bushiyya

Dikenal juga sebagai ghatwa atau boshiya, gaya hijab yang menutupi wajah di pengguna sepenuhnya tanpa bukaan untuk mata. Biasanya, gaya hijab ini dipakai dengan abaya atau pakaian muslim yang panjang hingga mata kaki lainnya. Bushiyya merupakan sebuah kain persegi besar yang tipis dan terbuat dari bahan kapas.

3. Al-amira

Hijab jenis ini biasanya terdiri dari dua bagian, dan biasanya memiliki penutup bagian depan kepala atau sejenis topi untuk menyempurnakan tampilan. Selain topi, al-amira juga sering menggunakan syal sebagai model jilbabnya.

4. Burqa

Kata 'burqa' berarti tirai dan kerudung yang terkadang disebut juga sebagai 'chadri' atau paranja di daerah Asia Tengah. Burqa sendiri merupakan jubah yang menutupi mulai dari ujung kepala hingga ujung jari kaki.

5. Chadar/Chador

Aslinya merupakan baju tradisional yang berasal dari Iran dan Turki. Jenis hijab satu ini menutupi kepala, tubuh, dengan setengah lingkaran dengan kain full-length, turun ke tanah. Chador banyak digunakan oleh wanita Iran di daerah pedesaan.

Artikel Terkait

Artikel Populer

Artikel Terbaru