6 Sneakers Ikonik dan Harga Sepatu Vans Terbaru 2017

Oleh Nabilla Aidid @arsenails

May 10, 2017

Industri sepatu nggak pernah ada matinya, apalagi sneakers. Dari Nike dan Adidas yang terkenal dengan sepatu olahraganya sampai merek-merek mentereng seperti Dior dan Chanel mulai memiliki line sneakers sendiri demi menjarah pasar sneakers yang cukup luas. 

Ngobrolin sneakers nggak bisa dipisahkan dengan merek Vans. Bisa dibilang hampir kebanyakan anak muda (bahkan tua pun) memiliki sepasang sepatu Vans. Vans yang baru saja merayakan ulang tahun ke-50 tahun lalu tersebut bukan cuma dikenal karena produk sepatunya yang ngejaman dan keren. Mereka juga dikenal sebagai sepatu "anak skate" dan memiliki pengikut setia dari berbagai golongan usia. 

Membantu kamu mengenal lebih dalam sepatu Vans, kami menjabarkan tipe-tipe sepatu vans yang paling ikonik yang bisa jadi alternatif belanja kamu selanjutnya.

Vans Authentic - Rp 419.000 - Rp 1 jutaan

Nggak ada yang bisa dibilang lebih "klasik" dari Vans Authentic. Dilansir dari Vans.com, tipe ini diberi nama Authentic sesuai dengan keberadaannya yaitu sejak 1966 dimana perusahaan dan merek Vans berdiri. Sejak tahun itu, sepasang sepatu Vans Authentic menjadi sepatu wajib pada skaters dan surfers di seluruh dunia dan terkenal dengan desain tak lekang oleh waktu dan tahan lama. 

Vans Era - Rp 549.000 - Rp 1,2 jutaan

Memulai debutnya pada 1976, sepatu Vans Era diperkenalkan sebagai sepatu skate resmi dari Vans. Sepatu ikonik tersebut didesain langsung oleh legenda Skateboarding profesional, Tony Alva dan Stacey Peralta. Sekilas, sepasang Vans Era memiliki siluet yang mirip dengan Vans Authentic, namun Era memiliki kerah tambah pada bagian depan sepatu serta memiliki bahan lebih kokoh yang dibentuk untuk melindungi sepatu skaters dari benturan. Oh iya, bersamaan dengan sepatu ini, Vans juga merilis logo "Off the Wall" yang kini menjadi khas merek sneakers asal California, Amerika Serikat tersebut.

Vans Slip-on Klasik - Rp 450.000 - Rp 3.800.000

Menjadi emblem dan ciri khas para surfer dan skaters sejak muncul pada 1977, Vans Classic Slip-on/Slip-on Klasik menawarkan desain lebih nyantai dan nyaman. Varian killer-nya? Ya, Vans Classic Slip-on berdesain papan catur seperti di atas ini. Desain papan catur sekilat jadi desain signature atau khas dari merek Vans sejak ada Vans Slip-on. Tipe ini meroket jadi populer sejak dipakai oleh Jeff Spicoli, seorang surfer dari film "Fast Times at Ridgemont High" yang diperankan oleh Sean Penn kala itu.

Vans Old Skool - Rp 599.000 - Rp 2,2 jutaan

Awalnya, sang jenius, Paul Van Doren, yang kebetulan adalah founder dari Vans iseng menggambar sketsa sepasang sepatu vans baru  dengan aksen tambahan stripes atau jahitan pada bagian kanan kiri sepatu. Akhirnya, sketsa iseng tersebut diterjemahkan menjadi Vans Old Skool dan resmi dirilis pada 1978 sebagai "Jazz Stripe". "Jazz Stripes" atau sidestripes pada Vans Old Skool kini menjadi pelopor kreatifitas pada desain sneakers.

Vans Sk8-Hi - Rp 554.000 - Rp 4.000.000

Sk8-Hi (baca: skeit hai) dirilis di tahun yang sama dengan Vans Old Skool yaitu pada 1978. Oleh karena itu kamu bisa lihat jika Sk8-Hi adalah sepatu Vans kedua yang memiliki sidestripe "Jazz Stripe". Berbeda dengan empat tipe sebelumnya, Vans Sk8-Hi berdesain tinggi atau above-the-ankle yang membuatnya mencolok dan beda level dengan tipe sebelumnya. Dalam 10 tahun sejak kemunculannya, Vans Sk8-Hi sukses mematenkan posisinya sebagai salah satu simbol budaya jalanan di berbagai belahan dunia. 

Vans Half Cab - Rp 400.000 - Rp 1,1 jutaan

Seiring dengan perkembangan teknik skateboarding, sepatu Vans turut serta dengan penambahan model/tipe baru yaitu Half Cab. Dirilis pada 1992 (Yay Generasi 90an!) trend melipat kerah sepatu ke bawah lagi booming, sepatu Vans Half Cab datang dengan collar lebih pendek dari yang biasanya. Walaupun collar-nya sama rendah dengan Vans Authentic, Vans Collar Cab memiliki bahan lebih nyaman dan kokoh untuk menguasai berbagai teknik skateboarding.

Lalu, tipe mana yang jadi favoritmu dan sudah ada dalam koleksi sepatu kamu? Kamu juga bisa temukan berbagai tipe sepatu Vans lengkap dengan daftar harganya di Tokopedia, Lazada, Elevenia, Bukalapak, Bobobobo di bawah ini:

Daftar Harga Sepatu Vans

 

Artikel Terkait

Artikel Populer

Artikel Terbaru