6 Sepatu Sneakers Legendaris 2017, No. 2 Paling Laris Sepanjang Masa

Oleh Nabilla Aidid @arsenails

May 12, 2017

Sneakers dipandang lebih dari sekedar sepasang sepatu. Model alas kaki ini didapuk sebagai pembentuk budaya: budaya jalanan, budaya pemberontak, budayanya pemakai sneakers. 

 

Untuk penggila sneakers, fashion item satu ini bahkan menjadi penentu status dan tahta dalam berkehidupan sosial. Nilai merek, klasik, mahal, dan legendaris sepasang sneakers yang kamu gunakan mendeskripsikan siapa dirimu. Lalu, apakah kamu sudah memiliki keenam pasang sneakers legendaris yang akan kita jabarkan di bawah ini? You betta!

Adidas Stan Smith

Setelah sempat absen selama dua tahun pada 2012-2014, Adidas kembali memproduksi dan memasarkan sepatu trainers terlaris sepanjang masa, Adidas Stan Mith. Walaupun awalnya didesain sebagai sepatu main tenis, sepasang Adidas Stand Smith justru menjelma menjadi detak jantung item fesyen olahraga dunia dengan desainnya dikenal revolusioner. 

Banyak dari generasi masa kini atau bisa disebut sebagai generasi Millenials mungkin tidak menyadari nama di balik sepatu sneakers ini. Hasil kolaborasi Adidas bersama Stan Smith, petenis nomor 1 dunia saat itu yang sudah mengantongi berbagai gelar bergengsi seperti US Open pada 1971 dan Wimbledon 1972. Sulit menggambarkan Stan Smith sebagai ikon fesyen saat itu. Soalnya, figur petenis yang saat itu sudah tidak muda dan berkumis.

Tapi, tanpa disangka, sepatu sneakers yang mengatasnamakan beliau laris dibeli melebihi target penjualan yang diperkirakan Adidas. Bukan cuma itu, sepasang Stan Smith juga berhasil menjadi jembatan fesyen antara sub budaya, kelas menengah dan kelas pekerja, orang dari berbagai negara dan ras. Rahasianya? Kesederhanaan- simplicity- yang berhasil menyatukan penggila sepatu sneakers dari lintas budaya, ras, negara, dan generasi.

Lalu, berapa ya harga jualnya di Indonesia? Menurut pantauan tim Telunjuk dari puluhan toko online di Indonesia, Adidas Stan Smith dijual dengan harga termurah dari Rp 650.000 di Tokopedia dan harga termahal di Rp 2.939.000 juga di toko online Tokopedia. Untuk daftar Adidas Stan Smith beserta harga lebih lengkap, kamu bisa lihat di bawah ini:

Adidas Stan Smith

Converse Chuck Taylor All-Stars

Kami bingung bagaimana mau memulai penjabaran mengenai sepatu sneakers yang satu ini. Oke, kita mulai dengan pertanyaan retorikal, "Apa sepatu basket tertua, paling populer dan paling laris sepanjang masa?" Well, jawabannya jelas bukan Air Jordan ataupun sepatu basket dari merek terkenal masa kini seperti Nike, Adidas, Reebok, ataupun Under Armour. Jawabannya adalah Converse Chuck Taylor All-Stars!

Singkat cerita, seorang mantan pemain basket, tepatnya bernama Charler 'Chuck' H. Taylor asal Indiana, Amerika Serikat tergabung dalam sebuah klub basket yang disponsori oleh Converse bernama the All-Stars. Chuck menjadi brand ambassador untuk Converse dan ikut tur tim All-Stars sekaligus mempromosikan sepatu basket. 

Pada 1921, Chuck memutuskan untuk bergabung ke tim sales perusahaan Converse dan tepat 11 tahun setelahnya yaitu 1932, Converse melakukan perubahan desain krusial pada sepatu sneakers mereka berupa ankle patch 'Converse Chuck Taylor All Star dan menandakan lahirnya legenda sneakers baru. Berpuluh tahun setelah itu, Converse Chuck Taylor All-Stars tetap menjadi sepatu basket paling laris di dunia. 

Walaupun dikenalkan sebagai sepatu basket, kini, Chuck Taylor All-Stars merambah ke berbagai golongan seperti musisi rock dan generasi muda yang suka tampil mencolok, rebels, nyentrik, nyaman dan menjadi alternatif sepatu sneakers berkualitas dibanding sneakers rival dari Nike dan Adidas yang tergolong berharga lebih mahal.  Hingga hari ini, diprediksi ada 800 juta pasang Converse Chuck Taylor All-Stars yang terjual di seluruh dunia. Mengapa? Desainnya yang abadi, simple, dan nyaman.

Daftar harga sepatu sneakers Converse Chuck Taylor All-Stars di toko online? Harga termurah adalah Rp 329.000 di Lazada dan harga termahalnya adalah Rp 3.299.000 di Tokopedia berupa Converse Chuck Taylor X Comme Des Garcons. Lihat daftar harga terlengkap sepatu sneakers terlaris di bawah ini:

Converse Chuck Taylor

Nike Cortez

Layaknya sepatu sneakers legendaris lainnya, Nike Cortez juga lahir berkat hasil kolaborasi merek dengan atlet terkenal saat itu. Bedanya, Nike Cortez tidak didesain oleh atlet bernama Cortez (haha), melainkan oleh Bill Bowerman, mantan atlet dan pelatih lari Olimpiade asal Amerika Serikat. Sepasang Nike Cortez pun dirilis tepat sebelum Olimpiade 1972 di Munich, Jerman, sebagai sepatu lari yang nyaman dan tahan digunakan untuk lari jarak jauh dalam medan tangguh.

Olimpiade memang menaikkan popularitas Nike Cortez saat itu, tapi kunci keberhasilan asli terletak pada desainnya yang unik, kenyamanan sol dalam sepatu, serta hak karet yang tebal untuk tahan lama. Desain sedemikian rupa lahir berkat ramuan apik pelaku sains di Nike dan pengetahuan Bill Bowerman sebagai pelatih lari. Sejak tahun itu, sepatu sneakers Nike Cortez didapuk sebagai salah satu pelopor sepatu lari jarak jauh dan muncul pada film legendaris Forrest Gump (1994) dimana Jenny menghadiahkan Forrest sepasang sepatu untuk dipakainya lari keliling Amerika.

Kini, Nike Cortez bukan lagi dikenal sebagai sepatu lari tapi juga sepatu santai dan olahraga lain seperti skateboarding. Di tengah-tengah model sepatu Nike baru setiap tahunnya, selalu ada loyalis Nike Cortez yang tetap menggemari. Di toko online, sepatu sneakers Nike Cortez dijual dengan harga termurah Rp 550.000 di Bukalapak hingga harga termahal Rp 2.599.000 juga di Bukalapak. Temukan daftar harga sepatu sneakers Nike Cortez dari toko online lain seperti Tokopedia dan Aliexpress Indonesia di bawah ini.

Nike Cortez

Puma Clyde

Merupakan sepatu sneakers pertama yang dinamakan atas seorang pemain bola basket yaitu Walt "Clyde" Frazier, seorang algojo dari New York Knicks yang juga seorang legenda NBA Amerika Serikat. Kabarnya Clyde meminta Puma untuk membuat sepatu Puma Suede ringan khusus untuk dirinya bermain basket pada 1973.

Bukan cuma terkenal karena mengantarkan New York Knicks menyabet gelar NBA dua kali pada 1970 dan 1973, Clyde juga terkenal dengan gaya fesyennya yang khas, unik, dan penuh warna. Mengadaptasi gaya bermain Clyde di lapangan yang lincah mencuri bola dari lawan dan style-nya di luar lapanga. Puma Clyde hadir sebagai alternatif sepatu basket yang jauh lebih ringan dari sepatu biasanya, lebih lebar, dan penuh warna.

Sejak 1973, Puma Clyde menjadi sepatu sneakers ikonik. Dipakai oleh para pemain basket dan menjadi simbol pergerakan urban dengan hip-hop dan b-boy. Di Indonesia, kamu bisa menemukan sepatu sneakers Puma Clyde dengan mudah secara online. Pantauan tim Telunjuk, harga termurah sepatu sneakers Puma Clyde adalah Rp 200 ribuan  di Bukalapak dan harga termahal Rp 1.647.360 di Bobobobo. 

Puma Clyde

Onitsuka Tiger Mexico '66

Fun trivia: Onitsuka Tiger didirikan oleh seorang mantan Jendral asal Jepang, Kihachiro Onitsuka setelah Perang Dunia II guna mendorong semangat para pemuda Kobe, Jepang lewat atletisme. Onitsuka Tiger, memang jarang terdengar, bahkan bisa diprediksikan jika banyak dari kamu yang tidak mengenal apa itu Onitsuka Tiger. Well, karena sekarang kamu lebih mengenalnya dengan nama "Asics".

Sejak berdiri (1950an), Onitsuka Tiger selalu berkolaborasi dengan pelari maraton untuk membuat sepatu lari profesional sesempurna mungkin sebelum masuk ke pasar sneakers di Amerika Serikat. Lahirnya sepatu Mexico 1966, delegasi dari Onitsuka Tiger dalam Olimpiade Musim Panas di Mexico pada 1968. Saat itu, desain unik sepatu pada sisi kiri-kanas sepatu dinamakan garis Mexico, yang kini berganti nama menjadi garis ASICS.

Sejak 1966, Mexico 1966 memimpin desain stripes berbahan kulit limber pada sepatu sneakers. Hingga saat ini, penggunaan garis ASICS bisa kamu temukan di model sepatu ASICS modern dan rasanya masih sama klasiknya seperti pada 1966. Kamu bisa menemukan beragam sepatu Asics Gel Lyte dengan garis Asics terkenal dengan harga termurah Rp 934.900 di Zalora dan harga termahal Rp 1.993.112 di Bobobobo. Daftar harga lengkap sepatu sneakers Asics bisa kamu lihat di bawah ini.

Asics Gel Lyte

Nike Air Jordan

Mendengarnya namanya saja kamu sudah kebayang kenapa sepasang sneakers Air Jordan menjadi begitu ikonik. Yep, Michael Jordan. Sangat sulit memisahkan keberhasilan Air Jordan dengan pebasket legendaris tersebut. Semua berawal dimana Michael Jordan menandatangani kontrak selama 5 tahun bersama Nike saat ia baru terpilih menjadi pemain Chicago Bulls pada 1984.

Michael Jordan harus mempromosikan sepatu barunya yang berwarna hitam, merah, dan putih yang high top, Air Jordan. Walaupun NBA melarang pemainnya menggunakan Air Jordan saat bermain karena warna dominannya bukan warna putih, popularitas dan penjualan Air Jordan justru meroket dan menjadi sepatu sneakers yang digandrungi para pemain basket muda.

Nike Air Jordan bisa kamu temukan hampir di seluruh toko online mulai dari Elevenia, Tokopedia, Bobobobo, Zalora, Blanja, dan Aliexpress Indonesia dengan harga beragam mulai dari Rp 1 jutaan hingga Rp 5 jutaan.

Nike Air Jordan

 

All images are property of CNN and Google.

Artikel Terkait

Artikel Populer

Artikel Terbaru