Tips Spring Clean Kamar Tidur

Intania Laksmi

Apr 15, 2020

17 dilihat

article_image

Di negara empat musim, terdapat satu rutinitas yang dilakukan setiap musim semi datang menyapa, yaitu spring clean. Spring clean merupakan kegiatan membersihkan rumah secara menyeluruh, seperti menyortir barang-barang rumah, mengecat ulang tembok, membersihkan atap, hingga merapikan taman.

Kegiatan ini dilakukan setiap memasuki musim semi, karena saat itu sinar matahari sudah mulai menghangat, sehingga tidak terlalu dingin untuk membuka jendela atau pintu, pas untuk menjemur kasur dan selimut, serta angin yang berhembus memberikan kenyamanan untuk dapat membersihkan rumah tanpa gerah.

Meskipun kita nggak merasakan suasana musim semi, nggak ada salahnya kita ikut melakukan spring clean ini. Terlebih saat ini kita masih dalam suasana waspada virus dan penyakit dengan melakukan karantina di rumah. Nah, maka dari itu, ini waktu yang cocok untuk kamu mulai beberes rumah! 

Sebagai permulaan, Telunjuk akan memberikan tips untuk spring clean kamar tidurmu!

1. Mengembalikan dan menyortir barang yang sudah tidak perlu diletakkan di kamar

Menyortir Barang

Hal pertama yang kamu perlu lakukan adalah mengembalikan barang yang seharusnya nggak diletakan di kamar, seperti peralatan makan dan minum yang lupa dikembalikan, barang milik keluarga yang dipinjam, dan yang lain sebagainya. Selanjutnya diikuti dengan mulai menyortir barang pribadi yang dirasa sudah tidak perlu ada di kamar lagi.

2. Mulai membersihkan kamar dan perabotannya dari debu

Membersihkan kamar

Sesaat kamar sudah terasa tidak terasa kepenuhan akibat banyaknya barang, tepat untuk kamu mulai membersihkan seisi kamar yang berdebu. Dimulai dari membersihkan atap dan sudut-sudut kamar, mengelap barang-barang juga furnitur yang ada, hingga sapu ruangan dari debu-debu yang tertinggal di lantai. Jangan lupa untuk menyapu bagian kolong-kolong furnitur kamu. Jika perlu, gunakan vacuum cleaner untuk sisi yang sulit dijangkau, terlebih pula jika terdapat karpet di kamarmu.

3. Ganti sprei berikut dengan alas bantal, guling, dan selimut

Ganti sprei

Ganti sprei lama dengan yang baru berikut juga dengan alas-alas bantal dan guling, serta selimut. Cuci semua yang sudah dipakai. Bila memungkinkan, vacuum atau cuci kasur untuk menghilangkan debu, bakteri, hingga tungau yang menempel. 

4. Atur ulang barang-barang

Atur ulang barang

Untuk menciptakan suasana kamar yang baru, disarankan untuk mengatur ulang barang-barang maupun furnitur yang ada di kamarmu. Seperti barang-barang di meja kerja/belajar dan meja rias. Gunakan organizer baru untuk mengatur tata letak barang-barang tersebut agar lebih rapi. Organizer yang bisa kamu miliki yaitu organizer berbahan acrylic yang bisa kamu lihat produknya di sini.

5. Desinfektan seluruh isi kamar

Desinfektan kamar

Untuk perlindungan ekstra dari bakteri dan virus pembawa penyakit, semprotkan seisi kamar yang sudah rapi dengan cairan disinfektan. Kamu bisa membuat cairan tersebut sendiri lho di rumah! Cek artikel Telunjuk ini untuk mengetahui bahan yang diperlukan dan step by step-nya, ya Sahabat Telunjuk!

Nah, itu dia tips spring clean kamar tidur yang bisa kamu lakukan selagi #dirumahaja. Nggak punya alat atau produk untuk menunjang kegiatan membersihkannya? Cari dan cek produk yang kamu butuhkan hanya di Telunjuk.com!