Menggunakan Masker Kain dengan Tepat

Intania Laksmi

Apr 08, 2020

26 dilihat

article_image

Minggu (5/04/2020) lalu, Kementerian Kesehatan telah membuat anjuran baru dalam mencegah penyebaran virus corona yang tengah terjadi, yakni mewajibkan setiap orang yang beraktivitas di luar rumah untuk mengenakan masker. Anjuran ini dibuat karena hadirnya status baru yang dianggap berbahaya dalam menyebarkan virus corona yaitu Orang Tanpa Gejala (OTG). Disampaikan pihak Kemenkes bahwa OTG merupakan korban COVID-19 terbanyak.

 

Menyiasati kebijakan baru tersebut, tentunya kita perlu mematuhinya. Akan tetapi tidak perlu cemas atau bingung dengan jenis masker yang dianjurkan untuk kita pakai. Pemerintah sudah menyarankan agar kita, masyarakat umum menggunakan masker kain. Sementara jenis masker N95 maupun masker bedah, sebaiknya digunakan oleh tim medis.

 

Agar penggunaan masker kain efektif dalam menanggulangi penyebaran virus corona, berikut Telunjuk berikan tips memakainya dengan tepat.

Memilih masker yang sesuai

Masker Kain

Perlu untuk kita memilih masker yang sesuai dengan ukuran wajah, sehingga dapat menutup hidung, mulut, hingga dagu dengan sempurna. Hal ini penting karena penyebaran virus sangat besar terjadi melalui dua panca indera kita tersebut. 

Cuci tangan sebelum mengenakan

Cuci Tangan

Kembali pada anjuran utama untuk pencegahan virus, yakni mencuci tangan dengan sabun selama 20 detik. Sangat penting dilakukan sebelum kita memakai masker karena agar bakteri hingga virus yang mungkin saja menempel di tangan kita tidak berpindah ke masker yang akan dipakai. 

Hindari menyentuh masker kain saat dipakai

Jangan Sentuh

Jangan menyentuh masker kain yang dipakai dengan tangan kotor karena memungkinkan adanya perpindahan bakteri dan virus ke masker tersebut. Usahakan bila ingin memperbaiki posisi masker, sebelumnya cuci tangan kembali dengan bersih.

Cuci masker sesaat setelah digunakan

Cuci Masker

Lakukan segera pencucian masker dengan air bersih serta deterjen setelah menggunakannya. Jangan lupa untuk mengucek masker kain agar lebih bersih sehingga bebas bakteri hingga kuman yang menempel. Alternatif lainnya adalah rendam dan rebus masker di air mendidih dengan suhu minimal 130 derajat celcius. 

Ganti masker apabila rusak

Ganti Masker Rusak

Segera ganti masker kain yang telah rusak atau robek dengan yang baru. Tentunya masker kain yang sudah rusak tidak akan lagi berefek atau bekerja dengan baik untuk pencegahan virus. 

 

Sahabat Telunjuk, kamu dapat memperoleh masker kain di Telunjuk.com dengan beragam pilihan model, harga, hingga e-commerce yang menyediakannya. Klik link ini, untuk pilihan masker kain yang kamu butuhkan.

 

Dilansir oleh pernyataan juru bicara penanggulangan COVID-19, Ahmad Yurianto, masker kain dapat menangkal virus sebesar 70 persen, yang tentunya sangat berimbas dalam menanggulangi penyebaran Coronavirus ini. Maka dari itu pula, dengan melakukan tips-tips di atas, kita turut membantu dalam efektivitas pencegahan virus corona dari orang ke orang lainnya. Stay safe ya, Sahabat Telunjuk!