Kenali 3 Jenis Masker Rekomendasi WHO

Telunjuk.com App

Dresyamaya Fiona P.

Sep 24, 2020

6 Dilihat

Kenali 3 Jenis  Masker Rekomendasi WHO

Dalam konteks pandemi Covid-19, penggunaan masker menjadi hal yang wajib dilakukan ketika pergi ke luar rumah, tak terlepas juga di Indonesia. Menurut penjelasan WHO, tujuan penggunaan masker adalah untuk mencegah pemakai yang terinfeksi menyebarkan virus dan memberikan perlindungan pada diri sendiri dan juga orang lain. Perlu Sahabat Telunjuk ketahui, memakai masker tak lagi hanya diperuntukkan bagi yang sakit loh, namun orang sehat juga wajib memakai masker. Ini karena banyaknya Orang Tanpa Gejala (OTG) yang terinfeksi virus COVID tanpa memperlihatkan gejala klinis. 

Nah dari banyaknya jenis masker yang tersebar di pasaran, kira-kira jenis masker apa yang paling efektif dan dianjurkan oleh World Health Organization (WHO)? Eiits jangan sampai salah membeli masker ya! Jenis kain dan kegunaan dari masker tersebut harus kamu perhatikan juga ya. Yuk simak artikel di bawah ini.

1. Masker N95

Masker N95

Masker N95 atau dikenal dengan masker respirator adalah jenis masker yang digunakan untuk menutupi hidung dan mulut. Fungsi utama masker ini adalah untuk menyaring polutan dan partikel-partikel kecil termasuk juga mencegah penularan virus Corona. Masker yang cenderung harganya lebih mahal dibandingkan masker bedah ini kegunaanya juga cukup multifungsi. Selain mampu menghalau percikan air liur, masker ini juga dapat menangkal partikel halus di udara yang mengandung bakteri atau virus.

Perlu kamu ketahui, sesuai namanya  ‘N95’ menunjukkan bahwa jenis masker ini mencegah setidaknya 95% partikel uji yang sangat kecil (0,3 mikron). Desain masker ini lebih ketat digunakan di wajah dibandingkan jenis masker lainnya. Sehingga tidak disarankan digunakan untuk anak-anak, ya! Jenis masker ini diutamakan digunakan untuk petugas medis atau seseorang yang kontak langsung dengan penderita Covid-19. 

Bandingkan Harga Masker N95

 

2. Masker Medis (Surgical Mask)

Masker Medis

Nah jenis masker yang satu ini merupakan jenis masker bedah atau surgical mask yang digunakan sekali pemakaian. Jenis masker ini adalah yang paling sering dijumpai atau digunakan tenaga medis saat bertugas. Masker bedah mampu mencegah penyebaran virus Corona karena memiliki 3 lapisan yang mampu menahan percikan air liur.

Tak terlepas juga, kamu juga bisa memakai masker ini ketika ke luar rumah ya. Terutama jika sedang sakit, kamu bisa memakai masker jenis ini untuk mencegah penyebaran air liur ketika batuk ataupun bersin. Variasi merk yang dijual di pasaran juga beraneka ragam loh, pastikan kamu mendapatkannya yang sudah terdaftar izin Kemenkes ya. Ini untuk mengetahui bahwa masker tersebut sudah layak dan terbukti efisiensi dalam mencegah penyebaran penyakit.

Bandingkan Harga Masker Bedah

 

3. Masker Kain

Masker kain

Masker jenis kain juga menjadi rekomendasi WHO untuk mencegah adanya cairan yang terpercik saat berbicara, batuk ataupun bersin. Masker kain dipercaya mampu mengurangi penyebaran virus pada orang tidak bergejala (OTG). Nah, enaknya menggunakan masker kain ini kamu bisa mencucinya dan dipakai berulang kali.

Tapi ingat ya, memakai masker kain biasanya digunakan dalam waktu 3-4 jam saja dan harus diganti dengan masker yang baru. Ini karena bakteri yang ada pada masker kain sudah terkumpul banyak dan perlu diganti dengan yang baru. Perhatikan juga berapa lapis dari masker kain kamu ya. WHO merekomendasikan 3 lapis dalam menyaring partikel-partikel halus. Jika kain maskermu 2 lapis, kamu juga bisa menambahkan atau menyelipkan tisu atau filter lagi.

Untuk motif dan warna juga bervariasi loh, kamu bisa mendapatkannya sesuai yang kamu sukai. Jenis dan ketebalan bahan juga mempengaruhi efisiensi penyaringan pada masker tersebut. Nah tips dari Telunjuk, gunakan masker yang berbahan katun, nilon, bahan kertas dan serat alami. Dilansir dari Halodoc, bahan katun menjadi bahan utama yang paling tinggi efisiensinya karena memiliki serat kecil yang dapat menahan partikel virus, sehingga virus tidak dapat menembus kain dan terhirup oleh pengguna.

Harga untuk masker kain juga sangat terjangkau loh, mulai dari Rp15 ribuan aja. Sebelum membeli, jangan lupa bandingkan harga terbaik dengan #BelanjaBijak hanya via Telunjuk.com, ya!

Bandingkan Harga Masker Kain

Jadi itu beberapa rekomendasi masker menurut WHO untuk mencegah penyebaran Covid-19. Yuk pedulikan diri kamu dan orang di sekitarmu dengan memakai masker yang tepat. Hal kecil seperti ini dapat menyelamatkan nyawa orang-orang di sekitarmu, loh! Stay healthy dan #BelanjaBijak hanya via Telunjuk.com.

Artikel Terkait

Sponsored

Artikel Terpopuler

Sponsored
  BENCHMARKS  
Loading Time: Base Classes  0.1237
Is Logged In Check  0.0273
Get Special Event  0.0405
Get Wishlist  0.0006
Get All Cat  0.0338
Controller Execution Time ( Article / Index )  0.2337
Total Execution Time  0.3581
  GET DATA  
No GET data exists
  MEMORY USAGE  
7,571,760 bytes
  POST DATA  
No POST data exists
  URI STRING  
article/covid-19/kenali-jenis-masker-rekomendasi-who
  CLASS/METHOD  
article/index
  QUERIES  
Database driver is not currently loaded
  HTTP HEADERS  (Show)
  CONFIG VARIABLES  (Show)