LIVE Update COVID-19

Gadget yang Bikin Nyaman dan Produktif untuk Work from Home

Intania Laksmi

Mar 18, 2020

49 dilihat

article_image

Wabah COVID-19 kini telah dinyatakan sebagai pandemi oleh World Health Organization (WHO). Di Indonesia sendiri pula sudah terdapat beberapa orang yang terinfeksi virus yang awalnya merebak dari kota Wuhan ini. Menindaklanjuti hal tersebut, pemerintah telah menetapkan kebijakan untuk melakukan social distancing, yakni mengurangi jumlah aktivitas tatap muka yang dianggap mampu memperkecil angka orang yang terkena virus ini. 

 

Salah satu upaya social distancing adalah Work from Home (WFH). WFH sendiri yakni sebuah konsep di mana karyawan dapat melakukan pekerjaannya dari rumah atau tempat tinggal mereka. Tentu sebagian pekerja akan merasakan tantangan tersendiri ketika melakukan pekerjaannya di rumah. Akan tetapi, banyak hal yang perlu diperhatikan untuk dapat menunjang kinerja kita di keadaan darurat seperti ini. 

 

Karena saat ini kita tengah hidup di era teknologi yang maju, gadget yang mumpuni mungkin bisa menjawab segala keresahan kita melakukan pekerjaan di rumah. Kali ini Telunjuk akan merekomendasikan gadget apa saja yang dapat membuat kita nyaman dan tetap produktif untuk WFH.

 

Multi-device Keyboard

Keyboard

Untuk kamu yang memiliki banyak gadget device untuk menunjang pekerjaanmu, multi-device keyboard ini dapat memudahkan kinerjamu. Kamu bisa menghubungkan keyboard ini ke tiga perangkat sekaligus secara langsung dan dapat beralih ke perangkat lainnya hanya dengan menekan satu tombol saja. Daya tahan keyboard yang dihubungkan secara wireless ini juga biasanya bertahan hingga tahunan.

 

Rekomendasi multi-device keyboard untuk kamu adalah Logitech K380, yang dibanderol dengan harga Rp350.000,- di Tokopedia.

 

Webcam

Webcam

Webcam ada kalanya digunakan untuk melakukan meeting online dengan client atau sesama rekan kerja. Terkadang webcam yang terdapat di laptop kamu kurang memberikan resolusi terbaik sehingga kualitas video yang dihasilkan tidak maksimal dan memberikan ketidaknyamanan. 

 

Maka, webcam yang sangat cocok untuk kamu adalah Logitech C270 HD. Webcam ini beresolusi 720p High Definition dan memiliki harga cukup terjangkau sekitar 200 ribuan saja.

 

USB Hub

USB

Untuk kamu yang menggunakan laptop, terkadang membutuhkan port USB tambahan karena jumlah port tersebut cenderung terbatas.  

Kamu dapat memilih Anker Ultra Slim USB 3.0 sebagai andalannya. Produk USB hub ini adalah salah satu produk yang cukup populer dengan dilengkapi dengan empat unit port USB 3.0.

 

Kamu bisa mendapatkan Anker Ultra Slim USB 3.0 di Shopee.

 

Noise-Cancelling Headphone

Headphone

Headphone jenis ini mungkin dibutuhkan kamu untuk mendapatkan suasana lebih hening dan menenangkan dari distraksi-distraksi yang seringkali terjadi di rumah. Kualitas dari noise cancelling headphone ini tentunya tidak seperti headphone biasa pada umumnya. 

 

Seperti Sony ZX770BN Wireless Noise Cancelling Headphones ini. Gadget ini menghasilkan kualitas suara jernih dengan bass yang dinamis. Untuk mengaktifkan fitur noise cancelling-nya, cukup menekan tombol pada earcups headphone. Perangkat wireless ini dibanderol dengan harga Rp1.350.000,-

 

Air Humidifier

Air Humidifier

Karena kamu akan bekerja di tempat yang sama dalam waktu yang lama, kamu memerlukan air humidifier untuk menghindari bau tidak sedap dan mencegah udara kering, serta pengap. Alat ini dapat membantu kamu merasa rileks sejenak ketika memiliki pekerjaan yang melelahkan. Selain itu, alat ini juga dapat mencegah udara kering dan bakteri pembawa flu sehingga dapat meminimalisir untuk menginfeksi penyakit tersebut kepada orang yang ada di rumah.

 

Salah satu air humidifier yang bisa kamu gunakan adalah Xiaomi Deerma Ultrasonic Air Humidifier. Dengan merogoh kocek sebesar 700 ribuan, kamu dapat menikmati udara ruangan lebih segar dan menyehatkan dari fitur negative ion purification di produk ini.

 

*BONUS:

Meja Portable

Meja Portable

Barang yang satu ini memang bukan gadget, melainkan pendukungnya yang juga bisa membuat kerja di rumah lebih nyaman. Dengan meja lipat tempat menaruh laptop, kamu bisa bekerja di sudut manapun di rumah, tanpa pegal karena harus meletakkan laptop di pangkuan terus menerus.

 

Cari beragam model meja portable pilihanmu di sini

 

Dampak dari aktivitas WFH ini dapat meringankan beban kita biasanya jika bekerja di kantor, seperti tidak perlu menghabiskan waktu dan bensin ketika di perjalanan. Kemudian, tentunya dalam upaya meminimalisir banyaknya yang terinfeksi Coronavirus ini, WFH dianggap efektif melakukan upaya tersebut.

 

Dengan didukungnya gadget-gadget di atas pula akan memberikan kita kemudahan lagi dalam kegiatan WFH ini. Sehingga pekerjaan tetap tuntas dilaksanakan dengan baik. Sahabat Telunjuk, manakah gadget di atas yang perlu digunakan?