LIVE Update COVID-19

Cegah Kulit Tangan Kering Akibat Sering Mencuci Tangan

Intania Laksmi

Apr 03, 2020

7 dilihat

article_image

Salah satu anjuran untuk mencegah virus corona menginfeksi tiap individu adalah dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun setidaknya selama 20 detik. Kegiatan ini dianggap penting karena tanpa disadari, dengan tangan, kita telah banyak memegang barang atau sesuatu yang ada di sekitar kita, yang mungkin menyimpan bakteri, kotoran, hingga virus. Dengan mencuci tangan memakai sabun, kandungan alkohol dan antibacterial-nya mampu membunuh kuman-kuman pembawa penyakit tersebut. 

 

Akan tetapi,  terlalu sering mencuci tangan baik menggunakan sabun atau hand-sanitizer ternyata dapat membuat kulit tangan perlahan menjadi kasar hingga dapat mengelupas. Hal tersebut terjadi karena dengan mencuci tangan juga berarti turut menghilangkan minyak alami di dalamnya yang bersifat menjaga kelembutan serta kelembaban tangan kita. Akibatnya, kulit tangan akan menjadi kasar, pecah, dan mengelupas.

 

Solusi untuk Mencegah dan Mengobati Kulit Tangan Mengering

Kemudian, apa yang harus dilakukan ketika kulit tangan mulai mengering? Jawabannya yakni perlu juga untuk sering melembabkan kulit tangan. Upayanya adalah mengusahakan untuk tidak terlalu mengeringkan tangan setelah mencucinya dan disertai dengan memakai pelembab. Upaya tersebut sudah terbukti dapat membantu kulit tangan tidak kering. 

Hand Cream

Hand cream adalah salah satu pelembab yang mungkin kamu perlukan untuk tetap menjaga kelembaban kulit tanganmu. Hand cream memiliki kandungan natural yang memang diperlukan untuk kulit tangan, sehingga dapat menutrisinya. Selain itu, rutin menggunakan hand cream juga turut mengurangi penuaan kulit. Tambahan manfaat lainnya yaitu hand cream juga memiliki beragam aroma yang dapat membuat wangi dan menyegarkan kulit tangan.

 

Memilih hand cream yang tepat juga sangat disarankan karena setiap individu memiliki jenis kulit yang berbeda. Hal yang perlu diutamakan dalam memilih hand cream adalah pastikan produk memiliki kandungan bebas iritasi atau yang diberi label anti penuaan. Sementara untuk yang memiliki kulit sensitif, sebisa mungkin untuk memilih produk yang bebas pewangi atau dianjurkan memilih varian yang mengandung shea butter.

 

Rekomendasi Hand Cream oleh Telunjuk

Tidak sulit mencari hand cream di pasaran. Tentunya kamu bisa mendapatkannya secara online.

The Body Shop Shea Butter Hand Cream

Rekomendasi hand cream oleh Telunjuk adalah The Body Shop Shea Butter Hand Cream yang dibanderol dengan harga Rp79.000,-. Hand cream ini sangat nyaman dipakai karena tidak meninggalkan rasa lengket dan bertekstur krim-gel, sehingga lebih cepat menyerap ke dalam kulit. 

Innisfree Jeju Perfumed Hand Cram

Rekomendasi hand cream lainnya adalah Innisfree Jeju Perfumed Hand Cream. Tekstur hand cream Innisfree sangat lembut seperti butter, sehingga sangat nyaman digunakan. Terdapat varian wangi yang bisa kamu pilih, seperti peach, citrus tea, raspberry, dan aroma lainnya yang menyegarkan. Dengan harga Rp 50 ribuan, kamu sudah mendapatkan hand cream ini.

Etude House Missing U Hand Cream

Opsi hand cream selanjutnya ialah Etude House Missing U Hand Cream. Kemasannya lucu dan menggemaskan, mempunyai point plus tersendiri dari produk krim tangan ini. Akan tetapi, hand cream Etude ini juga terbukti mampu melembabkan, menutrisi, dan menyembuhkan kulit tangan yang kering. Kamu bisa dapatkan hand cream ini di Blibli atau JD.id

 

Selain peduli akan kesehatan dalam tubuh, yakni menghindari COVID-19 menginfeksi diri, alangkah lebih baik pula kita turut peduli pada kesehatan kulit tangan. Biasakan gunakan hand cream setelah mencuci tangan agar kulit tangan senantiasa tetap terjaga kelembabanya untuk mencegah kulit menjadi kering dan mengelupas ya, Sahabat Telunjuk!