LIVE Update COVID-19

5 Buah Bervitamin C Alami untuk Gantikan Multivitamin

Intania Laksmi

Apr 07, 2020

16 dilihat

article_image

Menjaga tubuh agar selalu fit dan terhindar dari segala macam virus serta penyakit merupakan kewajiban kita, terlebih di tengah wabah corona ini. Selain makan makanan bergizi cukup, banyak minum air putih, dengan tambahan suplemen vitamin, buah-buahan juga sangat dianjurkan untuk kita konsumsi.

 

Buah mengandung bermacam manfaat yang sangat baik untuk tubuh kita. Salah satu manfaat yang kita perlukan saat ini adalah vitamin C, karena dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu proses pemulihan. Nah, nggak hanya jeruk aja, lho, buah yang kaya akan vitamin C! Berikut ini adalah 5 buah bervitamin C alami yang bisa kamu pilih untuk dikonsumsi.

Jambu Biji

Jambu biji

Jambu biji sangat disarankan untuk dikonsumsi per harinya karena mengandung vitamin C yang amat tinggi, melebihi kandungan yang dimiliki jeruk, dengan total kandungan 200 mg vitamin dalam satu buahnya. 

 

Buah ini juga sangat berguna untuk menjaga level gula darah, kesehatan kulit, jantung, pencernaan, hingga mampu menjaga berat badan ideal. Jambu biji saat ini bisa kamu beli di … dengan harga Rp18.000 /kg atau sebanyak empat buah. 

Pepaya

Pepaya

Buah ini sangat mudah kita temui, sehingga sangat direkomendasikan untuk mengkonsumsinya. Selain baik untuk mencerahkan kulit dan memperkuat tulang, Pepaya juga memiliki kandungan vitamin C yang dapat juga membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. 

 

Terdapat pula kandungan serat, vitamin A dan B kompleks, kalium, serta kalsium yang memberi banyak manfaat lainnya seperti memperlancar pencernaan, membantu metabolisme tubuh, hingga mengontrol tekanan darah. Dapatkan pepaya segar di ...dengan harga Rp32.000,-

Kiwi

Kiwi

Buah ini mengandung vitamin C sebanyak 84 gram dalam satu buahnya, yang berarti juga melebihi dari kandungan vitamin yang sama pada jeruk. Terdapat pula kandungan antioksidan dari vitamin C yang membantu tubuh melawan infeksi. 

 

Kandungan lainnya yang ada pada buah kiwi adalah vitamin A, E, dan K, juga mineral seperti zat besi hingga magnesium, dan asam lemak omega 3. Asam lemak omega 3 ini dapat membantu kita menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. Buah kiwi bisa kamu peroleh di Tokopedia.

Nanas

Nanas

Kandungan vitamin C yang terdapat pada buah nanas adalah sebesar 39-49 gram dalam takaran buah di setengah gelas berukuran 125 ml. Selain itu, Nanas mengandung bromelain yang merupakan enzim pencernaan untuk membantu memecah protein dalam makanan dan mengurangi kembung, serta mampu menjadi anti-peradangan.

 

Buah nanas turut mengandung vitamin A dan B kompleks yang sangat baik untuk tubuh. Blibli menyediakan Nanas untuk kamu beli dan konsumsi.

Stroberi

Stroberi

Stroberi mengandung 52 mg vitamin C dalam takaran di dalam gelas 125 ml. Manfaat lain yang dibawa buah ini adalah dapat mencegah kita dari kanker, penuaan, penyakit saraf, hingga peradangan karena memiliki kandungan antosianin dan asam ellagic.

 

Buah ini juga kaya akan antioksidan serta mengandung vitamin A, B kompleks, E, kalium, mangan, fluor, zat besi, hingga iodium. Kamu bisa dapatkan buah stroberi di sini.

 

Demikian pilihan buah-buahan selain jeruk yang memiliki kandungan vitamin C. Buah-buahan ini bisa konsumsi untuk sumber vitamin C secara alami sebagai pengganti suplemen multivitamin kamu, sehingga lebih aman dan menyehatkan.

 

Untuk memastikan buah yang kamu peroleh bersih, Telunjuk menyarankan kamu untuk mencuci buah-buahan yang kamu beli air dengan kandungan garam atau cuka (cukup pilih salah satu). Garam terbukti efektif menghilangkan residu pestisida, sedangkan cuka memang aman digunakan untuk mensanitasi permukaan sayur dan buah.

 

Sahabat Telunjuk juga bisa cari buah-buahan segar lainnya melalui Telunjuk.com dan dapatkan hasilnya dari berbagai e-commerce di Indonesia untuk penuhi asupan gizi yang mumpuni demi mencegah penyakit.