LIVE Update COVID-19

Tetap Harus Kerja ke Kantor? Ini Tips agar Tetap Aman

Ade Risdo Parulian

Mar 30, 2020

12 dilihat

article_image

Tetap Harus Kerja ke Kantor? Ini Tips agar Tetap Aman

 

Merespon himbauan dari pemerintah demi mencegah penyebaran lebih luas dari Covid-19, banyak perusahaan telah menetapkan kebijakan work from home atau kerja dari rumah. Telunjuk sendiri telah mengikuti himbauan dari pemerintah serta menerapkan untuk seluruh karyawan agar tetap bekerja dari rumah. Melihat fenomena Covid-19 yang terkini, virus Covid-19 telah menjadi pandemi. Saat ini, di hampir seluruh dunia tengah mencoba untuk mengatasi isu kesehatan yang disebabkan oleh Covid-19. 

 

Himbauan dari pemerintah untuk work from home tidak bersifat wajib. Dengan demikian belum semua perusahaan melakukan kebijakan work from home, atau tetap masuk namun bergiliran. Untuk itu, perusahaan perlu menaati prosedur-prosedur tertentu yang berorientasi pada kesehatan karyawan. Prosedur tersebut perlu dilakukan untuk menjaga karyawan agar aman dan nyaman bekerja di momen seperti ini.

 

Nah! Apabila Sahabat Telunjuk adalah salah satunya yang masih harus tetap ke kantor jangan merasa khawatir. Di tengah wabah Covid-19 ini, memang profesionalitas harus diutamakan namun jangan lupa untuk memastikan hak kamu dipenuhi oleh kantor. Untuk Sahabat Telunjuk, pastikan kamu mengetahui hal-hal penting ini! Simak sampai habis ya!

 

Fasilitas Kantor

Ketika kantor belum melakukan kebijakan work from home, artinya ada resiko yang cenderung lebih tinggi. Mengingat wabah Covid-19 sangat menular apabila terjadi kontak. Kantor memiliki kewajiban untuk memenuhi hak karyawan. Perusahaan harus memastikan area bekerja steril dari virus. Kemudian menyediakan komponen pendukung lainnya seperti hand-sanitizer, masker, dan jarak aman saat bekerja. Dalam hal ini, kantor berperan penting dalam mencegah Covid-19 dan menjaga kesehatan karyawan.

 

Peduli Diri Sendiri

Apabila kantor kamu telah memenuhi kewajibannya, kamu juga harus memperhatikan diri sendiri. Bentuknya bisa diimplementasikan ke dalam beberapa hal. Diantaranya, memperhatikan asupan nutrisi, kebugaran tubuh, dan kesehatan lingkungan sekitar. Untuk nutrisi, jangan lupa konsumsi makanan yang memiliki gizi berkualitas untuk tubuh kamu. Selain gizi, kebugaran tubuh juga harus dijaga. Kebugaran tubuh dapat dijaga dengan berolahraga, dimulai dengan olahraga ringan namun konsisten agar imun dalam tubuh dapat terbentuk. Oh iya, kamu juga harus menyediakan komponen pendukung seperti hand-sanitizer dan masker walaupun di kantor telah disediakan.

 

Jarak Aman

Cara Covid-19 menyebar tergolong mudah dan cepat. Penyebarannya bisa melalui kontak dengan orang yang terinfeksi. Dengan demikian, sekarang ini sedang ramai perbincangan social distancing. Social distancing dilakukan dengan menjaga jarak jika sedang berinteraksi untuk meminimalisir penularan. Untuk itu kamu perlu menjaga jarak aman, menurut World Health Organization kamu perlu menjaga jarak aman sekitar 1 meter saat berinteraksi. Begitu pula di tempat bekerja, pastikan jarak aman tersebut terpenuhi agar kamu terhindar dari penularan Covid-19 ya!



Di tengah wabah Covid-19, kerja ke kantor memang memiliki risiko terinfeksi yang lebih tinggi dibanding work from home. Kamu tetap bisa bekerja ke kantor dengan aman dan nyaman apabila faktor-faktor yang disebutkan di atas dilaksanakan. Jadi jangan sampai, Sahabat Telunjuk melewatkannya ya! Tetap sehat selalu.