LIVE Update COVID-19

5 Produk untuk Membuat Disinfektan Sendiri: Virus-virus Mati!

Ade Risdo Parulian

Mar 24, 2020

407 dilihat

article_image

5 Produk untuk Membuat Disinfektan Sendiri: Virus-virus Mati!

 

Belakangan ini, isu kesehatan menjadi topik yang hangat diperbincangkan. Keresahan yang ditimbulkan oleh wabah dari Covid-19. Virus yang dalam penyebarannya begitu cepat terjadi hingga ke berbagai negara. Covid-19 dapat menyebar bila terjadi kontak dengan orang yang terinfeksi. Dengan demikian, proses penyembuhan orang yang terinfeksi harus diisolasi hingga dinyatakan sembuh total.

 

Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan sebagai tindakan pencegahan infeksi virus Covid-19. Kamu bisa melakukan tindakan seperti hindari kontak dengan orang lain, jaga kondisi tubuh, dan mensterilkan benda-benda yang sering terkena sentuhan. Perihal sterilitas, kamu bisa melakukannya dengan mempersiapkan diri dengan disinfektan untuk membasmi virus dan kuman. Selang beberapa waktu, virus Covid-19 di Indonesia kian banyak menimbulkan korban. Alhasil disinfektan atau hand-sanitizer  pun telah habis terjual di berbagai toko offline atau online. Kamu tidak perlu kebingungan apabila sulit mendapatkan . Kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah dengan pembersih lantai, karbol, atau pemutih pakaian, lho! Berikut ini beberapa produk yang bisa kamu gunakan untuk membuat disinfektan sederhana yang manfaatnya serupa dengan yang diperjualbelikan.

 

Bayclin

Produk ini pada umumnya digunakan untuk membersihkan pakaian. Bayclin merupakan cairan pemutih pakaian yang berguna untuk menghilangkan noda pada pakaian. Namun kamu perlu tahu kalau bayclin bisa digunakan sebagai bahan baku untuk membuat disinfektan  Kandungan sodium hypochlorite adalah kandungan senyawa yang diperlukan. Nah, untuk cara pembuatannya, kamu cukup melarutkan 2 sendok makan Bayclin dengan 1 liter air. Oh iya! Pastikan penggunaanya habis untuk sehari saja karena kandungan senyawa sodium hypochlorite yang terdapat di dalam Bayclin memiliki konsentrasi yang tidak stabil. Jadi tidak untuk disimpan sehari-hari. Belanja Bayclin dengan berbagai pilihan harga di Telunjuk.com. Kamu bisa dapatkan Bayclin dimulai dengan harga Rp13.000 di Shopee.

 

So Klin Lantai

So Klin lantai juga bisa digunakan sebagai bahan baku dalam pembuatan disinfektan Umumnya So Klin lantai dipakai untuk membersihkan lantai rumah. Fungsinya untuk menghilangkan kotoran atau sisa makanan yang menempel pada lantai rumah. disinfektan bisa dibuat dari soklin lantai karena mengandung senyawa ethoxylated alcohol. Senyawa ini tergolong alkohol yang titik konsentrasinya tinggi. Bila kamu ingin membuat disinfektan dari So Klin, cukup melarutkan 1 tutup botol dengan 5 liter air. Kamu juga bisa memilih aroma sesuai dengan kesukaanmu karena So Klin lantai memiliki beberapa varian aroma seperti rose bouquet, floral lavender, citrus lemon, fruity apple, ice pine, dan marine mint. Belanja So Klin lantai dengan berbagai pilihan harga di Telunjuk.com. Kamu bisa dapatkan So Klin lantai dimulai dengan harga Rp22.000 di Tokopedia.

 

Wipol

Wipol tergolong pada jenis karbol yang penggunaanya cenderung serupa dengan So Klin. Namun pada prinsip penggunaanya sama yaitu untuk membersihkan lantai. Bisa dikatakan bahwa sifat karbol lebih ‘lembut’ dibandingkan cairan pembersih lantai karena konsentrasi senyawa di dalamnya. Karbol bisa juga digunakan untuk membersihkan noda yang pekat dan tebal. Salah satu senyawa yang ada yakni benzalkonium chloride yang dapat juga digunakan sebagai bahan baku disinfektan Untuk komposisi pembuatan disinfektan dengan Wipol yakni 2 sendok makan per 1 liter. Untuk itu kamu bisa membuat disinfektan sesuai kebutuhan kamu. Belanja Wipol dengan berbagai pilihan harga di Telunjuk.com. Kamu bisa dapatkan Wipol dimulai dengan harga Rp39.000 di Blibli.

 

Harpic

Nah produk Harpic dikenal sebagai pembersih lantai yang mampu menghilangkan kerak pada lantai atau keramik. Harpic biasa digunakan sebagai solusi alternatif atau sifatnya pelengkap. Bila penggunaan pembersih lantai yang umum belum cukup, kamu bisa menambahkan Harpic untuk mengangkat noda membandel. Harpic mengandung senyawa kimia cresylic acid. Senyawa kimia tersebut dapat digunakan penghancur kuman dan bakteri. Jadi kalau kamu mau buat disinfektan larutkan saja 1 tutup botol harpic dengan 5 liter air. Perbandingannya cukup besar karena kandungan kimia yang kompleks. Belanja Harpic dengan berbagai pilihan harga di Telunjuk.com. Kamu bisa dapatkan Harpic dimulai dengan harga Rp25.900 di Lazada.

 

Supersol

Supersol adalah jenis karbol yang digunakan sebagai pembersih lantai. Super sol memiliki varian aroma, tidak seperti karbol pada umumnya yang hanya memiliki aroma yang umum. Pembersih lantai untuk membersihkan kotoran sisa makanan yang menempel. Oh iya! Supersol juga bisa digunakan jadi bahan baku disinfektan Kandungan natrium lauril eter sulfat adalah bahan aktif yang dapat membasmi bakteri. Dapat dipastikan bakteri-bakteri yang menempel akan hilang sekejap. Belanja Supersol dengan berbagai pilihan harga di Telunjuk.com. Kamu bisa dapatkan Supersol dimulai dengan harga Rp39.000 di Shopee.

 

Oke Sahabat Telunjuk! Sekarang kamu sudah tahu sedikit tips atau cara untuk membuat disinfektan sendiri. Pastikan kamu dan keluarga menjaga kebersihan ya! Virus dan bakteri sedang jadi persoalan yang penting. Untuk barang-barang tersebut bisa kamu dapatkan di Telunjuk.com. Kamu bisa dapat dengan harga diskon atau promo karena tersedia berbagai toko belanja online terpercaya di Indonesia. Oh iya, pastikan kamu follow Instagram Telunjuk untuk mengetahui tips #BelanjaBijak dan hal-hal penting lainnya yang bisa kamu lakukan atau perlu dimiliki untuk menunjang aktivitas WFH kamu.