LIVE Update COVID-19

Rekomendasi Kacamata Anti UV untuk Lindungi Mata Selama WFH

Ade Risdo Parulian

Apr 17, 2020

22 dilihat

article_image

Rekomendasi Kacamata Anti UV untuk Lindungi Mata Selama WFH

 

Hingga tulisan ini diturunkan, pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia belum ada tanda-tanda usai. Hingga kini masih  terdengar terus ada korban infeksi Covid-19. Nah, untuk itu pemerintah Indonesia memberlakukan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) agar tidak semakin banyak yang terinfeksi.

 

Aktivitas yang dilakukan dari rumah seperti sekolah dan bekerja tentu tetap mengharuskan adanya interaksi virtual. Interaksi virtual yang terjadi melalui penggunaan smartphone atau laptop melalui aplikasi tertentu. Nah kalau yang sudah bekerja pasti memiliki frekuensi  lebih tinggi terhadap penggunaan smartphone dan laptop karena dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan. Pada situasi saat ini, tentu kamu akan menghabiskan banyak waktu di depan layar smartphone atau laptop. Dengan demikian kamu akan mengalami kelelahan pada bagian mata dan bisa menyebabkan gangguan tidur.



Oh iya, untuk Sahabat Telunjuk yang belum tahu bahwa radiasi yang dihasilkan oleh layar smartphone atau laptop memiliki dampak pada tubuh kamu loh. Radiasi layar tersebut bisa menyebabkan mata kamu menjadi tegang, sakit pada bagian mata hingga sakit kepala yang menyebabkan disorientasi tidur. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan seperti gangguan pada mata dan tidur, sebaiknya kamu melakukan tindakan pencegahan. Kamu bisa mengurangi resiko dengan menggunakan kacamata khusus untuk anti-radiasi layar smartphone dan laptop. Kenapa harus kacamata khusus anti-radiasi? Karena kacamata pada umumnya tidak memiliki fitur atau kecanggihan untuk menahan radiasi layar smartphone dan laptop. Nah untuk itu kamu harus punya kacamata khusus tersebut, berikut ini Telunjuk akan memberikan rekomendasi kacamata khusus dengan fitur anti-radiasi layar smartphone dan laptop yang terbaik. Simak ulasannya di bawah ini ya!

 

Enable Man Kacamata Anti Radiasi Komputer Rp128.000 dari Blibli

Kacamata anti radiasi komputer dari Enable Man ini memiliki lensa berwarna kuning yang menggunakan bahan anti radiasi blue light. Lensa ini melindungi mata sehingga cahaya yang dihasilkan layar monitor / smartphone tidak merusak mata kita. Bingkainya juga terbuat dari bahan plastik polikarbonat yang tebal dan kokoh sehingga tidak mudah patah. 

 

Kacamata Anti Radiasi Rp175.000 dari Tokopedia

Kacamata Anti Radiasi ini memiliki lensa optik asli untuk mata normal yang berlensa standar optik yang berkualitas dan mampu menangkal sinar UV / Blue Light.  

 

Vivid Dream Anti-UV Rp250.000 dari Tokopedia

Kamu bisa menggunakan kacamata dari Vivid Dream yang efektif untuk mengurangi radiasi yang disebabkan oleh layar smartphone atau laptop. Rangka yang digunakan tersusun dari serat microfiber. Pada bagian bantalan hidung terbuat dari logam dan kamu juga bisa melakukan pengaturan secara manual. Nah untuk lensanya, terbuat dari bahan polikarbonat. Kacamata ini sangat nyaman digunakan untuk mendukung kegiatan WFH kamu.

 

Ray Ban RB3016F Sunglasses Rp2.769.000 dari Zalora

Ray Ban adalah brand populer penghasil kacamata, jadi kamu tidak perlu ragu lagi soal kualitas yang diberikan. Lensa yang dihadirkan dibuat gelap kemudian untuk bantalan pada hidung lensanya terbuat dari silikon yang tidak dicetak. Pada lengan rangka didesain dengan ramping dan pada bagian ujung melengkung. Ray Ban mampu memberikan perlindungan 100% terhadap sinar UVA. 

 

Perlu diketahui bahwa kumpulan kacamata ini memiliki lensa untuk mata normal, jadi apabila kamu harus mengenakan kacamata untuk minus, plus, atau silinder, mintalah optik atau dokter mata untuk meresepkan kacamata khusus untukmu.

 

Dilansir dari Kompas, kacamata anti radiasi seperti yang sudah disebutkan di atas memiliki fungsi untuk mengurangi gejala computer syndrome vision seperti sakit kepala, penglihatan ganda, mata lelah, dan nyeri leher dan bahu akibat terlalu lama menatap layar. Sebaiknya kamu memiliki kacamata khusus untuk WFH, tentunya dibarengi dengan istirahat yang cukup, memberi jarak sekitar 50 cm dari mata ke layar komputer, dan kurangi cahaya (brightness) layar agar tidak terlalu silau.

Meski kesannya ringan, namun kesehatan mata juga penting untuk kamu perhatikan ya Sahabat Telunjuk, agar tetap bisa produktif selama WFH. Oh iya, pastikan kamu follow Instagram Telunjuk untuk mengetahui tips #BelanjaBijak dan hal-hal penting lainnya yang bisa kamu lakukan atau perlu dimiliki untuk menunjang aktivitas WFH kamu.